7 Jenis Makanan Ini Mampu Mengalahkan Depresi

Sabtu, 20 Juni 2020 - 14:32 WIB
loading...
7 Jenis Makanan Ini Mampu Mengalahkan Depresi
Berdasarkan penelitian, ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi untuk kesehatan mental, tapi tanpa didasari, banyak makanan yang diperbolehan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ketidakpastian hidup dan pola makan yang tidak sehat memberikan kontribusi bagi perkembangan masalah kesehatan mental, seperti depresi.

Tapi, tak perlu khawatir, mengkonsumsi makanan yang tepat bersama dengan jumlah tidur yang cukup, serta olahraga teratur, dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental.

Berdasarkan penelitian tentang makanan yang tidak boleh untuk kesehatan mental , Anda harus membuang susu, gula, kafein, dan gluten dari pola makan Anda. Kabar gembiranya, seperti dilansir Times of India, banyak makanan yang boleh Anda konsumsi.

1. Apel
Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kemampuan untuk melawan peradangan sel, yang melindungi sel-sel Anda terhadap efek berbahaya dari oksidasi dan meningkatkan suasana hati. Serat dalam apel dapat ditingkatkan dengan omega 3 dari mentega almond saat dikonsumsi bersama.

2. Sayuran berdaun hijau
Ketika datang ke makanan kaya nutrisi tinggi yang dapat melawan peradangan dan melindungi terhadap kanker dan penyakit lainnya, sayuran berdaun hijau mengambil hadiahnya. Bayam, selada, kubis dan lainnya melindungi otak Anda dari peradangan, sehingga membantu Anda mengalahkan depresi.

3. Makanan penambah protein
Makanan penambah protein sehat seperti kalkun, tuna, ayam, kacang-kacangan, produk kedelai bermanfaat dalam meningkatkan kewaspadaan Anda dan meningkatkan suasana hati Anda. Ini juga memberi Anda energi untuk menjalani hari Anda. (Baca juga: 5 Olahan Cepat Saji saat Anda Malas Masak, Pemula juga Bisa Coba! ).

4. Tomat
Asam alfa-lipoat dan asam folat banyak terdapat dalam tomat. Keduanya bermanfaat untuk melawan depresi. Studi menemukan bahwa kekurangan folat adalah hal biasa pada sekitar sepertiga orang yang menderita depresi. Asam folat membantu melawan homocysteine, yang menolak produksi bahan kimia bahagia.

5. Jamur
Jamur bermanfaat bagi kesehatan mental dalam dua cara. Pertama, jamur membantu menurunkan kadar insulin dalam darah yang meningkatkan suasana hati Anda.

Kedua, jamur memiliki efek probiotik yang memperkuat pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Ini baik untuk suasana hati Anda karena serotonin 80-90% (bahan kimia bahagia) diproduksi oleh sel-sel saraf di usus.

6. Bawang
Semua allium yang mengandung sayuran, seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, daun bawang, daun bawang, bawang merah dikaitkan dengan pengurangan risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan flavonoid dalam bawang dapat membantu menjaga usus tetap sehat. Saluran pencernaan yang sehat secara langsung berkontribusi pada suasana hati yang baik.

7. Kacang kenari
Kacang kenari kaya akan asam lemak Omega 3, yang memiliki efek meningkatkan mood pada otak. Banyak penelitian telah menyoroti manfaat omega 3 dalam mengurangi gejala depresi dan membantu fungsi otak. Karena otak terdiri dari 80% lipid, lemak sehat yang ditemukan dalam kacang kenari memperkuat fungsinya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)