Nafas Baru Industri Content Creator Indonesia

Minggu, 01 Mei 2022 - 13:58 WIB
loading...
Nafas Baru Industri Content Creator Indonesia
Podcast Tommynomics akan membahas tentang industri content creator di Indonesia. Foto/Roov
A A A
JAKARTA - Perkembangan dunia digital yang semakin cepat juga berkembangnya kreativitas di kalangan para millenials dan gen z membuat industri content creator dan influencer, terutama di bidang marketing, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Rade Tambupolon CEO dari SocioBuzz mengatakan bahwa dari tahun 2020 sampai 2021 pertumbuhan content creator di bawah SocioBuzz meningkat hingga 150 persen (150%) dimana hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup pesat.

Rade sendiri mengatakan bahwa dengan adanya perkembangan content creator dan influencer yang cukup pesat ini membuat perusahaan di Indonesia semakin melek mata sehingga mereka memanfaatkan besarnya potensi para content creator, terutama influencer marketing, untuk perkembangan bisnis mereka sendiri. “Sejak influencer marketing growing, itu mulai banyak agency either menjual jasa influencer ke brand atau mereka manage influencer,” ungkap Rade.

Melihat perkembangan content creator dan influencer yang mengalami peningkatan sedari awal pandemi membuat SocioBuzz melakukan berbagai cara untuk membantu mereka-mereka yang ingin terjun dan berkecimpung di industri yang sama dengan cara membuat berbagai tools yang bisa dimanfaatkan oleh para creator dan juga influencer sebagai wadah untuk berkembang. Rade juga mengungkapkan bahwa SocioBuzz juga berorientasi pada trend dan user sebagai salah satu strategi mereka dalam mengembangkan content creator dan influencer di luar sana sampai sebesar ini.

Baca Juga : Rio Dewanto Go International, Bintangi Film Thailand Bareng Jinyoung CIX

Melejitnya generasi Z yang sudah terbuka akan manfaat dunia digital dan kreativitas mereka yang bisa dikatakan mumpuni, ditambah dengan kemudahan adaptasi di platform terbaru membuat content creator menjadi momok hangat yang selalu dibicarakan di kalangan para pemuda baru-baru ini. Maraknya ketertarikan di industri tersebut tentunya menciptakan tantangan tersendiri bagi para content creator dan influencer untuk tetap mempertahankan posisi mereka agar tak kalah saing dengan para creator yang lain. Rade menyebutkan bahwa tantangan paling berat yang dialami oleh para content creator dan juga influencer di luar sana adalah mempertahankan karir agar mereka bisa terus berkembang sehingga dibutuhkan skill baru dan juga perlunya menambah pengalaman.

CEO dari SocioBuzz tersebut memberikan kiat-kiat khusus bagi mereka yang sedang berkompetisi di dunia perkontenan untuk bisa menempatkan diri mereka di tempat yang tepat serta memanfaatkan audience dan juga tren yang sedang menjadi buah bibir hangat dengan berbagai cara. Selain itu, Rade menambahkan tantangan yang harus segera diselesaikan untuk bisa memudahkan perputaran ekonomi di kalangan creator adalah perlunya support system yang cukup dari society. Dirinya juga memberikan masukan kepada mereka yang ingin ikut berkecimpung sebagai creator dan influencer serta memanfaatkan industri tersebut untuk mengembangkan bisnis yang sedang mereka lakoni untuk selalu mencoba dan jangan takut untuk gagal. Jangan menyerah untuk menemukan bentuk yang tepat walaupun harus berkali-kali mengecap kegagalan karena ekonomi yang terus berkembang. Di penghujung kata, Rade mengungkapkan bahwa SocioBuzz akan semakin banyak mengembangkan tools di platform mereka untuk membantu para creator di luar sana.

Keren banget, ya? Penasaran juga gak sih terkait industri yang sedang marak diperbincangkan tersebut? Ingin tahu lebih dalam tentang content creator dan influencer? Yuk dengerin Podcast Tommynomics bersama dengan Rade Tampubolon akan mengulik lebih dalam lagi terkait industri content creator di Indonesia. Dengerin keseruan mereka hanya di aplikasi Roov . Download aplikasi Roov di Google Play Store dan Apple App Store sekarang juga!

Baca Juga : Lucinta Luna Peluk Manja Lengan El Rumi: Calon Suamiku Selanjutnya
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1092 seconds (10.101#12.26)