5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?

Senin, 09 Mei 2022 - 06:45 WIB
loading...
A A A
Surabaya adalah kota yang terletak di bagian timur laut pulau Jawa. Ini adalah ibu kota Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini memiliki populasi 2,8 juta menurut sensus yang dilakukan pada 2010. Surabaya memiliki pertumbuhan penduduk tahunan sekitar 1,2 persen.

Surabaya adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia yang digunakan untuk mengekspor tembakau, kopi, dan gula. Surabaya merupakan pusat bisnis yang dipengaruhi oleh pertumbuhan industri. Kota ini juga merupakan rumah bagi berbagai institusi dan universitas seperti Politeknik Elektronika Institut Surabaya dan Universitas Airlangga.


3. Bandung

5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?


Bandung merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk 8.495.928 jiwa menurut statistik 2015. Kota ini menempati urutan ketiga sebagai kota terpadat di Indonesia. Kepadatan penduduk kota ini adalah 13.693/km persegi.

Kontributor utama perekonomian Bandung adalah industri manufaktur, pariwisata, industri kreatif, bisnis, teknologi, dan jasa keuangan. Kota ini memiliki lebih dari 50 institusi pendidikan tinggi dan merupakan tujuan pendidikan utama di Indonesia.

4. Medan

5 Kota Terbesar di Indonesia, Jakarta Posisi Berapa?


Medan terletak di pesisir Pulau Sumatera dan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara. Kota ini menempati urutan ketiga terbesar setelah Jakarta dan Surabaya. Medan memiliki populasi 2.097.610 jiwa dan oleh karena itu merupakan pemukiman terbesar yang ditemukan jauh dari pulau Jawa.

Dalam kategori kota terpadat ini menempati urutan keempat setelah Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Kota ini memiliki kepadatan penduduk 8.339 per km persegi. Medan merupakan pusat ekonomi utama di Indonesia yang sebagian besar berasal dari karet, tembakau, teh, dan kopi. Kedekatannya dengan Singapura juga memainkan keuntungan ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2773 seconds (0.1#10.140)