Libur Lebaran Selesai, Waspada Gangguan Mental Post Holiday Blues

Senin, 09 Mei 2022 - 09:12 WIB
loading...
Libur Lebaran Selesai, Waspada Gangguan Mental Post Holiday Blues
Libur Lebaran telah selesai. Setelah liburan Anda merasa tidak bersemangat untuk bekerja, waspada gangguan mental post holiday blues atau vacation blues. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Libur Lebaran telah selesai. Setelah liburan Anda merasa tidak bersemangat untuk bekerja, waspadai kondisi ini. Pasalnya, bisa jadi mengalami gangguan mental post holiday blues atau vacation blues.

Menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI), kondisi ini digambarkan sebagai perasaan cemas dan stres yang muncul setelah liburan. Umumnya hal ini dialami pekerja di Amerika Serikat setelah libur musim dingin.

Sementara di Indonesia, gejala ini lebih mungkin dialami seusai libur panjang, seperti Lebaran dan tahun baru. Ketika mengalami gangguan ini, Anda akan cenderung tidak bersemangat ataupun produktif dalam bekerja.

Dilansir dari Psychcentral, Senin (9/5/2022) ini bisa mirip dengan perasaan sedih, cemas, atau bahkan depresi. Akibatnya, pekerjaan Anda pun menjadi terbengkalai.


"Tidur Anda mungkin terpengaruh, tingkat energi, dan bahkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, karena bagaimanapun, liburan juga memberi kita istirahat dari kehidupan sehari-hari dan pekerjaan yang monoton," kata Psikoterapis Gina Moffa yang berbasis di New York, AS.

Lantas, bagaimana cara mengatasi post holiday blues? Dilansir dari Psychology Today, berikut ulasannya.

1. Berbicara Secara Langsung dengan Teman

Pikirkan tentang seseorang yang Anda senangi, lalu ajaklah dia berbicara, baik secara langsung maupun telepon. Alih-alih mengeluh tentang perasaan, tanyakan bagaimana pengalaman liburan mereka dan momen paling menyenangkan yang mereka miliki.

Berbicara secara verbal telah diakui banyak ahli psikologi dapat membantu berbagai masalah kecemasan, salah satunya adalah post holiday blues.

2. Lakukan Aktivitas di Luar Rumah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)