Adakah Penyakit Bipolar Akut Stadium Tinggi seperti Diidap Medina Zein? Ini Penjelasannya

Selasa, 17 Mei 2022 - 13:35 WIB
loading...
A A A
Ini didefinisikan sebagai pola episode depresif dan episode hipomanik atau periode manik yang kurang parah.

3. Cyclothymic

Didefinisikan sebagai periode gejala hipomanik serta periode gejala depresi yang berlangsung minimal 2 hari (1 tahun pada anak-anak dan remaja). Namun, gejalanya tidak memenuhi persyaratan diagnostik untuk hipomanik maupun episode depresi.

"Pada kasus khusus, individu tidak masuk dalam 3 kategori bipolar tersebut. Ini biasa disebut sebagai 'gangguan bipolar dan gangguan terkait lainnya yang tidak ditentukan'," terang laporan NIMH, dikutip Selasa (17/5/2022).

Gangguan bipolar biasanya didiagnosa selama masa remaja akhir ataupun dewasa awal. Pada beberapa kasus, bipolar juga dapat muncul di usia anak-anak.



"Bahkan, bipolar bisa muncul pertama kali saat kehamilan atau setelah melahirkan," tambah laporan tersebut.

Meski gejalanya dapat bervariasi dari waktu ke waktu, gangguan bipolar biasanya memerlukan pengobatan seumur hidup. Menjalani serangkaian pengobatan yang ditentukan oleh ahli dapat membantu penderita bipolar mengelola gejala mereka dan meningkatkan kualitas hidup.

Bicara soal gejala, pada kasus gangguan bipolar gejala dibedakan berdasarkan episode yang terjadi yaitu saat manik dan depresi. Keduanya punya gejala yang berbeda, seperti:

Episode Manik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8081 seconds (0.1#10.140)