Tips MotionPay: Yuk Mulai Kembali Pola Hidup Sehat Setelah Ramadhan!

Jum'at, 20 Mei 2022 - 12:58 WIB
loading...
Tips MotionPay: Yuk Mulai Kembali Pola Hidup Sehat Setelah Ramadhan!
Bulan suci Ramadhan memang telah berlalu namun biasanya menyebabkan efek berkepanjangan, khususnya dalam hal perubahan kebiasaan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bulan suci Ramadhan memang telah berlalu namun biasanya menyebabkan efek berkepanjangan, khususnya dalam hal perubahan kebiasaan. Tanpa Anda sadari, berpuasa mengubah pola makan, jenis makanan yang dikonsumsi, pola tidur, hingga kebiasaan-kebiasaan lain seperti berolahraga.

Menurut Managing Director MotionPay, Jessica Tanoesoedibjo , hal-hal seperti ini mungkin saja membentuk pola hidup yang kurang teratur. Ditambah, saat perayaan Lebaran Anda mengonsumsi menu-menu makanan yang tinggi kolesterol seperti rendang, opor, jeroan, dan gorengan, belum lagi berbagai macam makanan dan minuman manis. Jika kebiasaan ini Anda lakukan terus-menerus dalam jangka panjang, risiko gangguan kesehatan dapat terjadi di masa yang akan datang.

"Pola hidup sehat dapat kembali dimulai dari hal-hal kecil, seperti mengatur kembali pola makan, asupan gizi seimbang, melakukan aktivitas olahraga ringan, dan sebagainya. Selain mengurangi risiko penyakit, kebiasaan baik ini juga dapat membuat Anda semakin bugar," jelas Jessica.

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo Bagikan Kunci Kesuksesan dalam Berkarya dan Berkarier untuk Wanita Indonesia

Berikut beberapa tips dari MotionPay untuk membantu Anda kembali menerapkan kebiasaan hidup sehat, antara lain :

1. Mengatur Pola Makan dan Minum

Selama berpuasa, pola makan dan minum menjadi tidak teratur, mulai dari kekurangan cairan tubuh hingga mengonsumsi makanan yang kurang sehat seperti mi instan, makanan kaleng, makanan cepat saji, dan lain-lain. Anda dapat mulai memperbanyak minum air putih dan kembali mengatur porsi makanan dengan gizi seimbang yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh yaitu karbohidrat, buah-buahan, sayur, protein, susu, dan lemak.

2. Mengatur Jadwal Makan

Dalam satu bulan puasa terjadi perubahan jadwal makan yang biasanya 3 kali menjadi hanya 2 kali dalam sehari yaitu saat berbuka puasa dan sahur. Jadwal makan yang tidak teratur dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, obesitas, kram perut (gerd), dan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu, Anda perlu mengatur kembali jadwal makan yang ideal.

3. Mengembalikan Pola Tidur
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2646 seconds (10.101#12.26)