Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Senin, 23 Mei 2022 - 14:35 WIB
loading...
Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak
Makanan pendamping ASI bisa menjadi salah satu faktor yang membuat bayi tidur pulas. Foto/KlikDokter
A A A
JAKARTA - Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi bayi. Tidur yang cukup akan membuat bayi sehat karena saat tidur, sel-sel tubuh beregenerasi dan terjadi detoksifikasi sehingga dapat mengembalikan energi setelah bangun.

Selain itu, tidur yang cukup dapat membantu pertumbuhan bayi. Karena saat bayi tertidur lelap di malam hari, hormon-hormon pertumbuhan akan keluar.

Agar bayi tidur nyenyak, tentunya orang tua perlu melakukan sleep hygiene. Misalnya, dengan mengganti popok dan pakaian, membacakan cerita, serta memperhatikan kenyamanan kamar tidur bayi.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah asupan makanan, karena bayi tentunya tidak dapat tidur nyenyak jika berada dalam kondisi lapar. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membuat bayi tidur nyenyak:

ASI

ASI diberikan secara eksklusif pada bayi kurang dari 6 bulan. Pada bayi, ASI dapat diberikan sebelum tidur dan menjadi pengantar tidur.ASI mengandung nutrisi yang lengkap dan membuat anak kenyang sehingga ia dapat tertidur dengan nyenyak. Bahkan, banyak bayi yang tertidur sambil menyusui di malam hari.



Baca Juga : Biasakan Bayi Tidur Siang, Ini Tips Lengkapnya

Pisang

Pada anak di atas 6 bulan, MPASI dengan berbagai komposisi sudah dapat diberikan. Salah satu MPASI yang bisa disajikan kepada bayi yakni pisang.Pisang adalah makanan yang dapat membuat bayi mudah tertidur nyenyak. Selain kandungan karbohidrat di dalamnya yang mengenyangkan, pisang juga menyimpan melatonin dan magnesium yang membantu bayi terlelap pulas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1746 seconds (10.55#12.26)