Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Senin, 23 Mei 2022 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Nasi Putih

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam nasi putih dapat membantu bayi kenyang hingga tertidur pulas.Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat menjelang waktu tidur dapat meningkatkan rasa kantuk.Namun, tentunya nasi tidak berikan sendirian saja kepada bayi. Tetap harus dikombinasikan dengan sumber protein dan lemak agar menjadi menu seimbang untuk bayi.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Ini berkat kandungan protein dan melatonin di dalamnya.Perlu diingat untuk tidak memberikan kacang dalam bentuk utuh kepada bayi, karena dapat membuatnya tersedak. Berikanlah kacang yang sudah dihaluskan agar lebih mudah ditelan.

Ubi

Karena mengandung karbohidrat, pemberian ubi bisa menjadi cara untuk membuat bayi kenyang dan tidur nyenyak. Ubi pun memiliki melatonin di dalamnya.Sama seperti nasi, sebaiknya ubi diberikan bersama makanan lain seperti sumber protein dan karbohidrat. Dengan begitu, nutrisinya akan lengkap dan kesehatan bayi pun lebih terjaga.

Kini Anda telah mengetahui berbagai pilihan makanan yang dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak. Namun, perlu diingat bahwa masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membutikan hal-hal di atas. Semoga bermanfaat.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai topik ini, jangan ragu konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

Penulis: dr. Reza Fahlevi
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)