Selain Kontak Langsung, Cacar Monyet Disinyalir Bisa Menular Melalui Droplet

Rabu, 25 Mei 2022 - 08:51 WIB
loading...
Selain Kontak Langsung, Cacar Monyet Disinyalir Bisa Menular Melalui Droplet
Cacar monyet merupakan penyakit menular yang penyebaran virusnya didominasi akibat paparan cairan lesi di kulit. / Foto: IST
A A A
JAKARTA - Saat ini, dunia tengah dihebohkan dengan cacar monyet . Sejumlah negara yang melaporkan adalah negara non-endemi cacar monyet, seperti Inggris, Amerika Serikat, bahkan beberapa negara Eropa.

Untuk diketahui, cacar monyet merupakan penyakit menular yang penyebaran virusnya didominasi akibat paparan cairan lesi di kulit. Kontak erat dengan pasien berisiko tinggi terinfeksi penyakit ini.

"Penyebaran utama cacar monyet melalui kontak langsung. Artinya, seseorang sangat mungkin terinfeksi virus cacar monyet jika bersentuhan dengan pasien atau monyet infeksius secara langsung atau memegang benda yang terkontaminasi virus," jelas Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril dalam webinar, Selasa, 24 Mei 2022.

Baca juga: Namanya Disebut Medina Zein dalam Dugaan Penipuan, Raffi Ahmad Ungkap Kronologinya

Namun, fakta lain yang cukup mengkhawatirkan adalah virus cacar monyet disinyalir bisa menyebar lewat droplet juga. Oleh karenanya, Syahril mengimbau masyarakat agar berhati-hati.

"Ada data menyebutkan, cacar monyet disinyalir menyebar lewat droplet sebesar 18%. Ini harus jadi catatan bersama agar kita lebih berhati-hati," ungkapnya.



Cairan yang ada di tubuh pasien cacar monyet sangat infeksius. Virus cacar monyet ternyata ditemukan di lendir hidung maupun daerah mulut pasien. Itu kenapa, saat pasien cacar monyet bersin atau batuk, risiko penyebaran terjadi.

"Cairan di tubuh pasien cacar monyet sebagian besar mengandung virus. Itu kenapa, pasien harus sadar betul etika batuk dan bersin jika ada orang lain di sekitarnya," kata Syahril.

Kemenkes menegaskan bahwa hingga saat ini kasus cacar monyet belum ada di Indonesia. Mohammad Syahril pun menyebutkan jika penyakit ini bisa sembuh sendiri dalam kurun waktu setidaknya 3 minggu, ditandai lepasnya koreng cacar dari kulit.

Baca juga: Digaji Dua Digit, Yuk Intip Foto Seksi Lisa Oktaviani Aspri Hotman Paris Nomor 27

kendati bisa sembuh sendiri karena gejala yang muncul pun ringan, kelompok lansia dan mereka yang memiliki korbid perlu waspada. Pasalnya, jika terpapar virus cacar monyet, gejala yang dialami bisa parah atau menyebabkan komplikasi serius.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1809 seconds (10.101#12.26)