Diabetes Tipe 2, Lima Jenis Sakit Ini Tandakan Gula Darah Tinggi

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:13 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Lima Jenis Sakit Ini Tandakan Gula Darah Tinggi
Diabetes tipe 2 biasanya tidak menunjukkan gejala sampai kadar gula darah terlalu tinggi. Ketika ini terjadi, Anda mungkin mengalami lima jenis rasa sakit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 biasanya tidak menunjukkan gejala sampai kadar gula darah secara konsisten terlalu tinggi. Ketika ini terjadi, Anda mungkin mengalami lima jenis rasa sakit .

Kadar gula darah yang tinggi secara konsisten bisa menyebabkan nyeri saraf. Kondisi ini juga dikenal sebagai nyeri neuropatik. Nyeri saraf merupakan akibat dari salah satu komplikasi diabetes, yang disebut neuropati perifer, atau neuropati diabetik.

"Nyeri saraf diabetes paling sering terjadi ketika seseorang dengan diabetes memiliki tingkat gula darah tinggi yang berkepanjangan," kata Diabetes.co.uk dilansir dari Express, Jumat (27/5/2022).

Diperkirakan bahwa glukosa darah tinggi mempengaruhi saraf dengan merusak pembuluh darah yang mensuplainya. Diabetes.co.uk juga menjelaskan jenis sakit lainnya yang menandakan gula darah tinggi secara konsisten.

Baca Juga: Penderita Diabetes Seperti Mieke Wijaya Berisiko Idap Kanker Payudara 50 Persen

Di antaranya perasaan tertusuk atau kesemutan, sensasi terbakar, nyeri tajam, sakit menusuk dan linu. "Ini bisa berkisar dari ringan hingga ekstrem. Dalam kasus serius, seluruh area bisa mati rasa," jelas Diabetes.co.uk.

Sementara, gejala umum gula darah tinggi meliputi meningkatnya rasa haus dan mulut kering, sering buang air kecil, kelelahan, penglihatan kabur, penurunan berat badan yang tidak disengaja, infeksi berulang, seperti sariawan, infeksi kandung kemih (sistitis).

Infeksi kulit, sakit perut, merasa atau sedang sakit dan nafas yang berbau buah juga sering dikeluhkan oleh mereka yang mengalami gula darah tinggi. Menurut NHS, Anda harus menemui dokter umum jika memiliki salah satu gejala diabetes tipe 2 atau Anda khawatir memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

"Dokter umum dapat mendiagnosis diabetes. Anda akan memerlukan tes darah, yang mungkin harus Anda kunjungi ke pusat kesehatan setempat jika hal itu tidak dapat dilakukan pada dokter umum Anda," saran NHS.

Baca Juga: Ini Batasan Konsumsi Minuman Manis selama Lebaran bagi Penderita Diabetes

Semakin dini diabetes didiagnosis dan pengobatan dimulai, semakin baik. Di sisi lain, diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi kronis di mana pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau insulin yang dihasilkannya tidak diserap oleh sel.

Peran utama insulin adalah mengatur gula darah yakni jenis gula utama yang ditemukan dalam darah. Tanpa insulin, kadar gula darah bisa naik ke tingkat yang berbahaya. Ini bisa merusak tubuh.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1013 seconds (10.55#12.26)