Masih Transisi ke Endemi, Dokter Reisa Sebut Pemerintah Telah Siapkan Strategi Fase Baru

Minggu, 29 Mei 2022 - 08:47 WIB
loading...
Masih Transisi ke Endemi, Dokter Reisa Sebut Pemerintah Telah Siapkan Strategi Fase Baru
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro menyebutkan bahwa pemerintah telah mempersiapkan 4 strategi untuk memasuki fase baru. Foto/Dok.BNPB
A A A
JAKARTA - Status Indonesia saat ini, masih dalam proses transisi menuju endemi. Pemerintah memiliki empat strategi dalam mempersiapkan fase endemi.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro . "Pemerintah telah mempersiapkan 4 strategi untuk memasuki fase baru," kata dr. Reisa dalam siaran sehat di YouTube RRI Net Official, dikutip Minggu (29/5/2022)

Dalam penjelasannya, langkah pertama yaitu hidup berdampingan dengan Covid-19. Bukan adanya kebebasan tanpa aturan, justru dalam strategi awal ini jadi perubahan berproses.

Aktivitas masyarakat dibatasi secara bertahap, guna mendorong terbentuknya hidup perilaku sehat. "Pertama hidup berdampingan dengam Covid-19, yakni dengan mengurangi pembatasan aktivitas secara bertahap. Lalu mendorong terbentuknya perilaku hidup sehat dan aman," katanya.



Strategi kedua, pemerintah fokus untuk melindungi masyarakat yang berisiko terinfeksi. Dengan mengoptimalkan vaksinasi Covid-19 buat seluruh masyarakat.

Dalam tahap ketiga, pemerintah siap menghadapi kondisi darurat bila terjadi lonjakan yang signifikan, seperti kejadian sebelumnya.

"Cara menggencarkan vaksinasi sesuai prioritas kelompok yang rentan. Kemudian menyusun strategi testimoni lebih spesifik," tambah dr. Reisa.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2714 seconds (0.1#10.140)