Mengenal Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul Pada Bagian Kepala

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:29 WIB
loading...
Mengenal Gejala Kolesterol Tinggi yang Muncul Pada Bagian Kepala
Gejala kolesterol di kepala tentunya harus segera diobati sebelum berakibat fatal. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol di kepala tentunya harus segera diobati sebelum berakibat fatal. Gejala kolesterol tinggi yang muncul sebagai sakit kepala ini diakibatkan penyumbatan pembuluh darah di area sekitar kepala.

Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila tidak segera diobati. Dalam hal ini, seorang pengidap kolesterol tinggi juga berpotensi terkena penyakit jantung dan beberapa keluhan lainnya.
Baca juga : Kolesterol Tinggi, Begini Cara Mudah Mengendalikannya

Dilansir dari Medicover Hospitals, kolesterol bisa diartikan sebagai zat berbentuk seperti lemak yang diproduksi oleh organ hati. Karena berupa lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Menurut jenisnya, lipoprotein ini terbagi menjadi Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). LDL ini kerap disebut sebagai bentuk kolesterol jahat yang bisa menumpuk di arteri dan bisa memicu munculnya masalah kesehatan serius. Dalam prosesnya, apabila kadar LDL lebih tinggi dan HDL lebih rendah akan membuat timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah. Sehingga aliran darah akan sulit mengalir melalui arteri.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada seseorang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung. Lebih berbahaya lagi, kadar kolesterol tinggi ini terkadang tidak memunculkan gejala apapun sampai mereka tiba-tiba mengalami serangan jantung atau stroke.

Namun, ada serangkaian gejala fisik tertentu akibat kolesterol tinggi yang bisa menjadi indikasi bahwa tubuh sedang mengalami masalah tersebut. Beberapa gejala ini diantaranya adalah Sering Kesemutan, Nyeri Tangan dan Kaki, Nyeri Dada Sebelah Kiri, hingga Sakit Kepala terutama pada bagian belakangnya.
Baca juga : Kolesterol Tinggi, Gejala Pertama yang Mengancam Jiwa

Gejala kolesterol tinggi yang muncul sebagai sakit kepala ini diakibatkan penyumbatan pembuluh darah di area sekitar kepala. Penyebabnya adalah plak kolesterol yang berlebih. Hasilnya, kondisi ini akan menyebabkan sakit kepala di bagian belakang.

Dalam hal ini, penderita tidak boleh diam saja. Jika terlalu lama dibiarkan, masalah ini bisa membuat pembuluh darah pecah dan menyebabkan stroke.

Dikutip dari Health Cleveland Clinic, Dr.Laffin mengatakan bahwa ketika kadar kolesterol cukup tinggi, gejala fisik yang muncul pada seseorang akan berbeda dengan lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga apabila kadar kolesterol ini sangat tinggi, bisa membuat penderitanya mengalami sakit kepala.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)