5 Bahan Alami yang Mampu Hilangkan Flek Hitam pada Wajah

Minggu, 12 Juni 2022 - 15:51 WIB
loading...
5 Bahan Alami yang Mampu Hilangkan Flek Hitam pada Wajah
Meskipun tidak berbahaya, flek hitam atau hiperpigmentasi memang sangat mengganggu penampilan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan flek hitam pada wajah kerap dicari oleh para wanita. Meskipun tidak berbahaya, flek hitam atau hiperpigmentasi memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi bagi kaum hawa yang selalu mendambakan kulit putih berseri.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa dicoba di rumah. Bagaimana caranya? Dikutip laman Manipal Hospitals, Minggu (12/6/2022), simak ulasan berikut ini.



1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat dan salah satu bahan alami terbaik untuk meningkatkan kualitas kulit. Pasalnya, lidah buaya mengandung 90% asam amino yang ditemukan dalam tubuh serta memiliki vitamin A, B, C, dan E.

Tanaman lidah buaya memiliki sifat antipenuaan dan nutrisi kulit. Ini membantu dalam menghilangkan bintik-bintik gelap atau flek hitam sekaligus mengurangi perubahan warna pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit karena memiliki sifat antiseptik. Ia bahkan bekerja sebagai pelembab yang sangat baik dan karena itu dapat membuat kulit halus dan lembut .

2. Tomat

Tomat dapat digunakan sebagai toner yang sangat baik untuk kulit. Selain bagus untuk dioleskan langsung ke kulit, tomat juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi mentah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin B di dalamnya.

Vitamin B diketahui berperan dalam perbaikan sel kulit sehingga bisa mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Cara pemakainya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta tomat pada wajah seperti masker dan biarkan selama sekitar 10 menit. Anda boleh membilasnya dengan air dingin.



3. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, C, E, dan K serta enzim papain yang memiliki sifat pembersih kulit, yang dapat menghilangkan flek hitam. Oleskan pasta pepaya matang pada kulit Anda dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air bersih setelah 20 menit dan ulangi metode ini setiap hari selama seminggu. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih cerah. Bintik-bintik hitam di wajah pun akan ikut memudar.

4. Madu

Madu murni menjadi salah satu masker alami yang bisa mengatasi masalah flek hitam. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, Anda cukup mengoleskan madu murni pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin untuk mengecilkan pori-pori.

Mengoleskan madu murni pada kulit dapat membuat kulit Anda lebih halus dan lembut. Selain itu, madu juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit karena memiliki sifat menghidrasi.

5. Buttermilk

Buttermilk atau susu mentega kaya akan asam laktat yang membantu menghilangkan kulit mati dari wajah Anda dan mencerahkan flek hitam. Cara pengaplikasiannya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan buttermilk langsung pada flek hitam dengan bantuan kapas dan biarkan selama 20 menit. Cuci muka dengan air bersih dan lihat hasilnya!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)