Kenali 4 Efek Buruk Akibat Kadar Kolesterol Tinggi pada Seseorang

Selasa, 14 Juni 2022 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Gejala yang muncul bisa berupa rasa sakit pada bagian kaki yang lekas hilang setelah beristirahat. Seseorang dikategorikan memiliki risiko PVD apabila memiliki keluarga penderita PVD juga. Selain itu, penyebab seperti kolesterol tinggi, kelebihan berat badan, juga bisa terkena penyakit ini.

3. Penyakit Ginjal

Kolesterol tinggi atau kadar HDL yang rendah bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal. Dalam beberapa kejadian, gejala dari penyakit ini akan sangat jarang terlihat. Hanya saja, salah kondisi mulai parah, akan muncul gejala seperti bercampurnya darah dalam urine, serta pembengkakan di bagian kaki.

Kondisi berbahaya ini tentu sebisa mungkin harus dihindari. Caranya adalah dengan menjaga pola hidup sehat, serta menekan atau mengatur kadar kolesterol pada tubuh. Penyakit ginjal sendiri tergantung dengan seberapa parah kondisinya. Pada beberapa keadaan mungkin penderita memerlukan transplantasi ginja atau penanganan lainnya.
Baca juga : Penyakit Ginjal, Ancaman The Silent Killer

4. Stroke

Stroke terjadi saat aliran darah ke otak menjadi tersumbat. Penyebabnya adalah sel-sel otak yang mati karena tersumbatnya aliran darah ke otak. Penyumbatan ini terkadang berasal dari plak yang tumbuh dalam arteri leher atau otak.

Selain kadar kolesterol tinggi, beberapa masalah lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga kebiasaan merokok juga bisa menjadikan seseorang terkena stroke.

Untuk gejalanya sendiri tergantung pada jenisnya. Umumnya bisa dikenali dengan wajah yang terkulai di satu sisinya, sakit kepala parah, hingga bicara cadel. Perawatannya bisa mencakup obat-obatan hingga operasi dalam rangka menghilangkan plak atau gumpalan yang menyumbat aliran darah.

Demikian ulasan mengenai efek buruk kadar kolesterol tinggi pada seseorang. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)