Cara Agar Migrain Tidak Kambuh Lagi, Ini Saran Dokter Fajri

Minggu, 19 Juni 2022 - 17:45 WIB
loading...
Cara Agar Migrain Tidak Kambuh Lagi, Ini Saran Dokter Fajri
Satgas Covid-19 sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Muhamad Fajri Addai menjelaskan penyakit migrain ini banyak gejalanya, mulai dari gangguan sinyal listrik di otak hingga stres. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Migrain atau sakit kepala sebelah salah satu jenis sakit kepala yang bisa menusuk dan sangat menganggu aktivitas. Migrain bisa terjadi secara berulang dan membuat penderitanya merasa sangat kesakitan.

Satgas Covid-19 sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan penyakit migrain ini banyak gejalanya, mulai dari gangguan sinyal listrik di otak, perubahan hormon, perubahan cuaca eskren, paparan cahaya terlalu kuat, hingga stres.

“Gangguan listrik di otak ini yang membuat (kepala) kita cekot-cekot," ujarnya kepada MNC Portal, Minggu (19/6/2022).

Penyakit migrain sendiri ada dua jenis, yaitu migrain aura dan tanpa aura. Biasanya migrain aura ini lebih berat, karena sebelum pusing ada gejala yang mendahului.



"Kaya matanya tiba-tiba blackout atau ada titik hitam di pandangannya. Ada juga yang tiba-tiba kabur (pandangannya). Kenapa dibedain? untuk manajemen selanjutnya," lanjutnya.

Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja dari segala usia dan gender. Namun kebanyakan yang menderita migrain adalah wanita.

“Karena cewek itu kan menstruasi, perubahan hormon itu yang membuat kepala cekot-cekot,” tambahnya.

Dokter Fajri pun memberi tips untuk Anda yang memiliki riwayat migrain. Sebaiknya kenali diri Anda dan cari tahu penyebabnya.

“Apakah makan dan minuman tertantu atau misalnya ada gangguan tertentu kaya stroke. Karena orang yang punya migrain dan tidak punya migrain punya risiko stroke lebih tinggi. Risiko itu ada,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)