Begini Cara Menurunkan Kolesterol dengan Madu, Alami dan Kaya Manfaat

Senin, 20 Juni 2022 - 16:37 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Kolesterol dengan Madu, Alami dan Kaya Manfaat
Penyakit kolesterol bisa menyerang siapa saja. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyakit kolesterol bisa menyerang siapa saja. Beragam cara pun bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol . Salah satunya yaitu cara menurunkan kolesterol dengan madu .

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Hal tersebut dikarenakan lemak yang menumpuk dan mengeras di saluran pembuluh darah.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Tingginya kolesterol ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, kurang olahraga, stres dan merokok. Banyak obat obatan yang beredar untuk menurunkan kadar kolesterol ini.

Namun bagi yang ingin menurunkan kolesterol dengan cara yang alami bisa dengan mengkonsumsi madu. Madu sebagai salah satu minuman alami memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

Melansir dari livestrong.com, dalam satu sendok makan madu dapat mengandung sejumlah vitamin B2 dan antioksidan. Beberapa zat yang terkandung diantaranya, 3 kalori
0 gram lemak; 17,3 gram karbohidrat; 17,2 gram gula; dan 0,1 gram protein.

Madu ini juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati tekanan darah tinggi. Selain kandungan yang telah disampaikan di atas, madu juga memiliki probiotik, mineral, asam amino dan enzim.

Antioksidan pada madu ini dapat menetralkan efek zat yang berpotensi merusak tubuh, zat ini biasa disebut dengan radikal bebas, yang terkait dengan penuaan dan penyakit degeneratif (penyakit yang terjadi karena memburuknya suatu organ tubuh).

Tingkat antioksidan yang terdapat dalam madu ini hampir sama kandungannya dengan yang dimiliki buah dan sayuran seperti bayam, apel, jeruk, stroberi dan pisang. Karena itu mengkonsumsi madu sebaiknya dalam jumlah yang setara untuk mendapat dosis antioksidan yang sama dari buah dan sayur tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1436 seconds (10.177#12.26)