9 Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Selasa, 21 Juni 2022 - 16:24 WIB
loading...
A A A
Makanan berserat tinggi yang menurunkan kolesterol termasuk biji-bijian, 100 persen roti gandum, oat, dan barley, kacang polong, sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan dengan kulit yang keras. Baca label nutrisi dengan cermat dan cari kandungan serat lebih dari 3 gram per porsi.

4. Rempah-rempah

Tidak hanya membantu membumbui makanan, tetapi beberapa di antaranya juga merupakan bagian yang baik dari diet penurun kolesterol. Seperti kunyit, cabai rawit merah, minyak thyme, dan jahe semuanya dianggap menstabilkan lemak di membran sel, yang mengarah ke trigliserida yang lebih rendah dan berperan dalam kadar kolesterol.

5. Lemak Tak Jenuh Tunggal dan Tak Jenuh Ganda

Lemak ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Lemak ini terdapat pada ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna, trout, herring, atau king mackerel, setidaknya dua kali seminggu. Sumber lemak tak jenuh lainnya yang baik termasuk biji chia, alpukat, almond, kenari, dan minyak zaitun.


Makanan yang Buruk Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

1. Makanan yang Digoreng

Menggoreng tidak hanya menyebabkan makanan kehilangan air dan menyedot lemak, membuatnya lebih padat kalori, tetapi minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan seringkali mengandung lemak trans yang tinggi, yang merupakan penyebab terburuk.

2. Minyak Terhidrogenasi

Lemak trans ini ditemukan dalam makanan kemasan seperti kue kering, mayones, biskuit, popcorn microwave, dan makan malam beku. Minyak ini digunakan untuk meningkatkan umur simpan produk. Anda dapat menghindari penyebab kolesterol tinggi ini dengan memeriksa label makanan dengan cermat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)