Mengenal Apa Itu Metode Penelitian

Minggu, 26 April 2020 - 11:16 WIB
loading...
Mengenal Apa Itu Metode Penelitian
Melakukan penelitian membutuhkan proses yang panjang dan data yang akurat.(Foto/Ilustrasi)
A A A
JAKARTA - Melakukan penelitian membutuhkan proses yang panjang dan data yang akurat. Jika metode yang digunakan tepat, hasil penelitian juga akan valid. Namun, untuk menentukan metode penelitian yang baik, analisis dan pertimbangan yang cermat diperlukan.

CEO TambahPinter.com Suha Miranda Gultom pun memberikan informasi terkait berbagai pengertian metode penelitian bersama dengan tujuan dengan adanya metode penelitian.

Dia mengatakan, metode penelitian memiliki banyak variasi dan akan mempengaruhi data hasil. Studi yang berbeda akan memerlukan metode yang berbeda karena mereka akan mempengaruhi hasilnya. Terkadang seorang peneliti membutuhkan beberapa metode pada saat yang sama untuk mendapatkan data yang lengkap dan bertanggung jawab.

"Jika Anda masih belum mengerti metode penelitiannya, artikel ini bisa menjadi referensi," kata dia dalam siaran persya yang diterima Minggu (26/4/2020).

Apa Itu Metode Penelitian?
Sebelum melakukan penelitian, ketahui terlebih dahulu definisi metode penelitian. Menurut para ahli, metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan dan mengumpulkan data dengan tujuan dan tujuan tertentu.

Namun, kata Suha Miranda Gultom, para ahli yang berbeda memiliki definisi yang berbeda terkait dengan metode penelitian. Dalam metode penelitian, perlu diketahui cara ilmiah untuk mendapatkan data, jenis data yang akan dicari, serta fungsi dan tujuan metode penelitian itu sendiri.

Penelitian harus didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah, seperti empiris, rasional, dan sistematis. Empiris berarti menggunakan indra, rasional artinya masuk akal, serta sistematis atau berurutan (logis). Studi yang baik akan menghasilkan data yang valid. Setelah data diperoleh, uji reliabilitas dan validitas perlu dilakukan, sehingga data dapat dipastikan valid.

Metode penelitian yang menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dalam proses disebut sebagai metode ilmiah. Penelitian yang baik akan menggunakan metode yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Tujuan dan Fungsi Metode Penelitian Suatu penelitian memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Penelitian tidak harus menghasilkan penemuan baru, tetapi juga dapat mengembangkan sesuatu atau membuktikan teori. Pada prinsipnya, tujuan penelitian dapat tercapai jika data yang diperoleh memang valid," bebernya.

Penelitian dalam bentuk penemuan berarti belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian dengan tujuan membuktikan teori biasanya disebabkan oleh keraguan informasi atau pengembangan data. Pengembangan penelitian biasanya dilakukan untuk memperluas hasil penelitian yang ada. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan metode penelitian yang sesuai untuk setiap studi.

Secara umum, tujuan penelitian diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Mendapatkan pengetahuan baru atau penemuan baru
2. Buktikan sesuatu dan uji kebenaran
3. Kembangkan pengetahuan yang ada
4. Menjadi dasar penelitian lebih lanjut. Artinya, hasil penelitian tidak dapat langsung digunakan, tetapi menjadi pengetahuan ketika penelitian lebih lanjut akan dilakukan.
5. Mendapatkan data yang dapat langsung diterapkan di komunitas atau kehidupan.
6. Uji validitas penelitian sebelumnya atau uji pengetahuan yang telah dilakukan.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)