Waspada! Kemenkes Ungkap Gejala Omicron BA.4 dan BA.5 Mirip Flu

Jum'at, 24 Juni 2022 - 16:18 WIB
loading...
Waspada! Kemenkes Ungkap Gejala Omicron BA.4 dan BA.5 Mirip Flu
Kemenkes mengungkapkan bahwa gejala Omicron BA.4 dan BA.5 mirip seperti flu. Selain itu, varian Omicron ini juga lebih mudah menular dibandingkan pendahulunya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan bahwa gejala Omicron BA.4 dan BA.5 mirip seperti flu . Selain itu, varian Omicron ini juga disebut lebih mudah menular dibandingkan pendahulunya.

Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan bahwa gejala Omicron BA.4 dan BA.5 di antaranya demam, batuk, flu dan pilek. Gejala ini sama seperti flu.

"Untuk gejala kami sampaikan untuk BA.4 dan BA.5 hampir sama yaitu ada demam, batuk ,flu atau pilek," kata Syahril saat konferensi pers Update Covid-19, Cacar Monyet dan Hepatitis Akut, Jumat (24/6/2022).

Namun, gejala Omicron BA.4 dan BA.5, dijelaskan Syahril lebih ringan dibandingkan pendahulunya. Menurut Syahril, saat ini pasien kasus BA.4 dan BA.5 yang bergejala sedang hanya satu dan dinyatakan sembuh, setelah mendapatkan perawatan.




"Gejalanya hampir sama dengan Omicron, jadi lebih ringan. Hanya satu orang perempuan di Jakarta dikategorikan gejala sedang dan sudah dinyatakan sembuh setelah dirawat," jelas Syahril.

Sementara, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, SpP(K) juga mengungkapkan hal senada. Erlina menyebut bahwa gejala Omicron BA.4 dan BA.5 ada empat.

Di antaranya demam, pilek atau flu, sakit atau nyeri tenggorokan dan batuk.

"Jadi gejala utama adalah batuk, nyeri tenggorokan dan demam dan kalau keempat bisa pilek atau flu," ujar Erlina.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)