4 Tradisi Suku Terunik di Indonesia, Nomor 2 Ganti Pakaian Jenazah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:38 WIB
loading...
A A A

3. Tradisi Merarik

4 Tradisi Suku Terunik di Indonesia, Nomor 2 Ganti Pakaian Jenazah

Foto/Mengenal Indonesia

Tradisi Merarik atau pelarian merupakan tradisi yang dijalankan oleh suku Sasak di Lombok. Suku yang terkenal dalam membuat kain dengan menenun ini memiliki tradisi yang unik dalam upacara pernikahannya. Tradisi Merarik yang dilakukan menjelang upacara pernikahan, mengharuskan calon pengantin pria menculik calon pengantin wanita terlebih dahulu.

Penculikan ini dilakukan dengan membawa sang pengantin wanita tanpa sepengetahuan orang tuanya, namun tetap bersama beberapa orang kerabat atau teman. Kerabat ini akan menjadi saksi dan pengiring prosesi ini. Sang calon pengantin wanita akan dibawa ke rumah kerabat laki-laki tersebut dan menginap sehari.

Lalu kerabat laki-laki akan mengirim utusan untuk memberi tahu orang tua sang wanita bahwa anaknya diculik.

4. Tradisi Kebo-keboan

4 Tradisi Suku Terunik di Indonesia, Nomor 2 Ganti Pakaian Jenazah

Foto/Antara

Tradisi Kebo-keboan dilakukan oleh suku Osing di Banyuwangi, Jawa Timur. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil pertanian masyarakat. Upacara biasanya dilakukan di tengah sawah yang banyak lumpur, lalu para warga akan mendandani dirinya dengan cat hitam seperti kerbau, lengkap dengan tanduk dan telinga buatan.

Mereka akan menari di tengah sawah bersama dengan warga lain yang menonton. Para penonton kemudian akan ditarik hingga badannya penuh dengan lumpur pula.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)