Iluni Farmasi UI Dorong Ketua Umum IAI Periode 2022-2026 Lakukan 5 Transformasi

Minggu, 26 Juni 2022 - 07:59 WIB
loading...
Iluni Farmasi UI Dorong Ketua Umum IAI Periode 2022-2026 Lakukan 5 Transformasi
Apt. Drs. Chairul Anwar, Ketua Iluni Farmasi UI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai pemangku kepentingan di dunia farmasi utamanya Apoteker Nasional, Ikatan Alumni Farmasi Universitas Indonesia (Iluni Farmasi UI) memandang penting adanya transformasi besar di dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam rangka mencapai tujuan nasional Indonesia Emas 2045.

Bertepatan dengan keberlanjutan estafet kepemimpinan di IAI, Iluni Farmasi UI pun mendorong Ketua Umum IAI Periode 2022-2026 untuk melakukan lima transformasi.

Pertama, mendorong kepemimpinan IAI yang inklusif, kolaboratif, dan merangkul semua elemen apoteker Indonesia sehingga tidak ada ruang pembentukan organisasi sejenis.

Kedua, mendorong IAI serius merancang dan melakukan advokasi Rancangan Undang-Undang Praktik Apoteker menjadi prioritas bersama. Hal ini guna mewujudkan kepastian hukum dalam melakukan praktek Apoteker serta pengembangan profesi untuk memberikan dampak terhadap kenyamanan pelayanan masyarakat.



Ketiga, mendorong IAI melakukan inovasi platform digital dalam layanan keanggotaan, peningkatan kapasitas setiap insan Apoteker, dan inovasi praktik kefarmasian yang berorientasi pada anggota. "Kami juga mendorong agar ketua umum terpilih tidak membebani anggota di luar kewajaran sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya," ujar Apt. Drs. Chairul Anwar, Ketua Iluni Farmasi UI.

Kemudian keempat, mendorong IAI berkolaborasi dengan organisasi terkait dalam peningkatan kualitas profesi apoteker melalui pendidikan yang adaptif dan inovatif di era digital. "Sehingga IAI dapat menghadapi tantangan persaingan global," lanjut Chairul.

Kelima, mendorong kepemimpinan IAI yang berintergritas, berdedikasi, dan melakukan prinsip Good Organization Governance termasuk tata kelola keuangan transparan dan SDM inklusif pada organisasi untuk kemajuan apoteker Indonesia.

Adapun pelaksanaan pemilihan Ketua Umum IAI Periode 2022-2026 akan berlangsung pada Kongres ke-XXI 28-30 Juni 2022 di Lampung. Terpilihnya Ketua Umum IAI Periode 2022-2026 juga diharapkan akan menjadi momentum konsolidasi kekuatan bagi keluarga besar IAI.

"Iluni Farmasi UI berkomitmen mendukung, mengawal, dan siap melakukan peran strategis dalam membangun profesi Apoteker yang inklusif, mandiri, dan inovatif sehingga terwujudnya Apoteker profesional yang mampu meningkatkan kualitas hidup sehat bagi masyarakat," tutur Chairul.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)