Masuk dalam ADWI 2022, Inilah Potensi Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok Barat

Minggu, 26 Juni 2022 - 21:35 WIB
loading...
Masuk dalam ADWI 2022, Inilah Potensi Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok Barat
Salah satu keindahan pariwisata Desa Wisata Buwun Sejati di Lombok Barat. Foto/Istimewa
A A A
LOMBOK BARAT - Pulau Lombok beberapa tahun belakangan ini menjadi salah satu wilayah yang terkenal sebagai destinasi wisata . Semakin banyak spot di wilayah yang termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu yang terekspos di publik dan menjadi tempat wisata baru.

Salah satu yang cukup potensial dan menarik adalah Desa Wisata Buwun Sejati yang terletak di Lombok Barat . Keindahan destinasi alam serta kekayaan budayanya sukses membuat desa ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kemenparekraf RI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang berkesempatan mengunjungi desa tersebut pada Sabtu (25/6/2022), terpesona dengan potensi wisata itu dan mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan budaya serta alam di desa tersebut.



"Hari ini saya berbahagia karena desa wisata di Lombok Barat berturut-turut masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia. Dan kali ini kita lihat Desa Wisata Buwun Sejati memiliki panorama yang luar biasa, juga keindahan alam dan budaya serta produk ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

Sebagai informasi, Desa Wisata Buwun Sejati terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Tiba di desa ini, siapa pun akan langsung disuguhi keasrian alam berupa bentangan sawah dengan latar bukit yang hijau yang menjadi panorama indah yang dapat dinikmati selama perjalanan menuju objek wisata.

Selain panoramanya yang indah, Desa Wisata Buwun Sejati juga memiliki daya tarik alam lain yakni wisata Aik Nyet (Air Dingin). Taman wisata yang terletak di tengah hutan mahoni ini menawarkan pemandian alam dengan airnya yang jernih dari mata air alami. Taman wisata ini memiliki beberapa kolam pemandian dengan airnya yang tak pernah kering.



Desa Buwun Sejati juga memiliki wisata alam air terjun yaitu air terjun Tibu Atas.

Selain potensi alam, Desa Wisata Buwun Sejati juga memiliki daya tarik budaya di mana keberagaman adat itu membuat desa ini semakin kental dengan nilai-nilai toleransi yang menambah keindahan. Penduduk desa terdiri dari masyarakat muslim dan Hindu yang hidup berdampingan dengan damai serta penuh persaudaraan.

Perpaduan budaya Sasak dan tradisi dalam agama Hindu menjadi harmonisasi budaya yang sangat indah. Seperti kesenian Baleganjur, kesenian musik Rindik, juga tari Beriuk Tinjal.

Desa wisata ini juga memiliki ragam produk ekonomi kreatif. Kuliner misalnya, ada sate bulayak, gula semut, madu trigona, dan lain-lain. Desa ini juga memiliki kain tenun khas Buwun Sejati.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga juga berkesempatan melihat salah satu keindahan adat yakni tradisi Male’an Sampi (mengejar sapi).

Desa wisata ini memiliki pula ragam amenitas seperti homestay serta toilet umum dengan standardisasi kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan (CHSE). Sebagai desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022, Desa Wisata Buwun Sejati sudah diperkuat dengan kelembagaan desa yang aktif.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)