5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Kadar Gula pada Nasi

Senin, 27 Juni 2022 - 10:27 WIB
loading...
5 Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Kadar Gula pada Nasi
Berbagai perangkat memasak pilihan bisa menjaga kadar gula darah normal. Foto/MSHOP
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Apa pun lauk yang disajikan, umumnya kita menyantapnya dengan nasi. Rasanya, sulit untuk tidak mengonsumsi nasi walaupun hanya sehari saja!

Wajar, ini karena nasi memiliki rasa yang enak, dapat mengimbangi rasa dari lauk itu sendiri, serta dapat membuat kenyang lebih lama. Namun, sangat disayangkan jika dari sekian banyak jenis karbohidrat, nasi putih diakui sebagai makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Sehingga, bisa menimbulkan banyak gangguan bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satunya adalah diabetes dan kegemukan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kadar gula pada nasi sebagai solusi.

1. Menyantap Nasi dengan Protein

Anda bisa mengonsumsi nasi bersama dengan protein. Hasil penurunan indeks glikemik yang paling dianjurkan adalah dengan menggabungkan konsumsi nasi dengan tofu. Lengkapi dengan berbagai sumber protein lain seperti daging ayam, ikan, atau daging sapi.

Baca Juga : 3 Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Harus Segera Diobati

2. Tambahkan Tepung Kelapa

Tambahkan tepung kelapa dengan takaran 6-7 sendok makan pada 1 cup beras saat dimasak. Kandungan tepung kelapa memiliki serat yang cukup untuk menghambat penyerapan glukosa pada tubuh.

Cara ini akan menurunkan indeks glikemik nasi dari 89% menjadi menjadi 49%. Karena penyerapan glukosa pada nasi campuran tepung kelapa cenderung lambat, kadar gula darah pun bisa terjaga.

3. Tambahkan Jeruk Nipis dan Daun Pandan

Saat memasak nasi, berilah sedikit perasan air jeruk nipis dan daun pandan secukupnya. Jika sudah matang, tiriskan dan dinginkan nasi dengan cara dikipas atau dibolak-balik hingga dingin. Nasi yang berkurang kelengketannya, artinya siap dikonsumsi.

4. Campur dengan Minyak Kelapa

Caranya, tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa murni pada air mendidih yang akan digunakan untuk memasak nasi. Setelah 40 menit proses penanakan dan matang, dinginkan nasi dan simpan dalam lemari es selama 12 jam terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

Proses pendinginan inilah yang akan membentuk pati resisten yang nantinya akan menurunkan kalori yang diserap oleh tubuh sampai 60%. Nasi yang sudah dingin ini bisa dihangatkan lagi kok, tanpa memengaruhi kadar pati resisten yang sudah terbentuk di dalamnya.

5. Gunakan Lo Karbo Rice Cooker

Di era modern ini, sudah tersedia alat praktis untuk memasak nasi, plus menghasilkan nasi rendah gula. Ya, dengan Lo Karbo Rice Cooker, Anda dapat menurunkan kadar karbo hingga 45% (berdasar test lab sucofindo). Penggunaanya juga hemat listrik, sehingga tagihan Anda tidak mudah membengkak.

Produk yang dijual oleh MSHOP ini juga dilengkapi dengan tombol PRESET yang dapat diatur otomatis saat memasak. Dengan demikian, memasak nasi jadi jauh lebih menyenangkan karena praktis plus menghasilkan nasi yang rendah gula guna mencegah diabetes.

Tak usah khawatir akan harga produk, karena Anda bisa tebus murah Lo Karbo Rice Cooker ini dengan belanja di AladinMall by Mister Aladin. Ada bonusnya juga lho! Yakni sendok sup, centong nasi, dan gelas takar.

Kebetulan, lagi ada banyak diskon untuk item apa pun hingga 70%! Nggak cuma itu, belanja di AladinMall by Mister Aladin juga bebas ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia dengan jasa pengiriman SAP.

Ingin pesanan cepat sampai? Tenang, AladinMall by Mister Aladin juga menyediakan layanan same day service dimana barang yang Anda pesan akan dikirim di hari yang sama sehingga paket Anda akan lebih cepat sampai ke tujuan!

Makanya, tunggu apa lagi! Segera borong produk incaran Anda dan lakukan tebus murah Lo Karbo Rice Cooker karena promonya akan berakhir 3 hari lagi! Anda juga bisa mengunduh aplikasi Mister Aladin di Google Play Store dan App Store untuk mengetahui promo menarik lainnya.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Salam, Ini Langkah-Langkah Meraciknya

Informasi AladinMall by Mister Aladin

AladinMall by Mister Aladin merupakan platform belanja online yang berada di bawah naungan perusahaan multinasional MNC Group. Dengan belanja di AladinMall by Mister Aladin, apa pun kebutuhan Anda bisa didapat dengan lebih praktis, lebih murah, dan produk selalu original.

Pastikan Anda tidak ketinggalan dengan informasi seputar promo lainnya. Untuk kabar terbaru, ikuti akun Instagram @aladin.mall. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kunjungan ke situs resmi AladinMall di http://aladinmall.misteraladin.com dan klik di bagian banner bertuliskan promo, atau akses melalui aplikasi smartphone di Google Play Store atau App Store.
(wur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1920 seconds (11.97#12.26)