5 Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Studi Membuktikannya!

Senin, 27 Juni 2022 - 18:41 WIB
loading...
5 Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Studi Membuktikannya!
Camilan sehat untuk penderita diabetes sudah bisa ditemukan di banyak supermarket ataupun store yang memang hanya menjual makanan sehat. Foto/Pinterest via Healthline
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes perlu menjaga dengan disiplin kadar gula dalam darah. Itu kenapa, mereka disarankan tidak sembarang makan, termasuk dalam memilih camilan . Tapi tenang, ada camilan yang aman dimakan oleh penderita diabetes, kok.

Ya, camilan sehat untuk penderita diabetes bahkan sudah bisa ditemukan di banyak supermarket ataupun store yang memang hanya menjual makanan sehat. Tapi, jika Anda tidak punya akses ke tempat seperti itu, ada camilan sehat lain yang bisa diandalkan.

Menurut laman Healthline, kunci memilih camilan untuk penderita diabetes adalah tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi tersebut akan membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.



So, apa saja camilan yang aman dimakan penderita diabetes?

1. Telur Rebus

Telur rebus adalah camilan super yang sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Kandungan protein telur rebus itu 6 gram dan berguna menjaga kadar gula darah tidak naik. Penelitian membuktikan bahwa rajin makan 2 telur rebus setiap hari selama 12 minggu mampu menurunkan kadar gula darah puasa yang signifikan.

2. Alpukat

Ngemil alpukat juga bisa jadi pilihan tepat bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki alpukat menjadikannya makanan ramah diabetes.

Satu studi menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang menambahkan alpukat ke makanan mereka secara teratur mengalami peningkatan HDL di dalam darah. Konsumsi alpukat bisa langsung atau membuatnya jadi jus.

3. Irisan Apel dan Selai Kacang

Camilan lain yang dianggap aman untuk penderita diabetes adalah irisan apel ditambahkan selai kacang. Camilan ini tak hanya lezat tapi juga sehat dan cocok untuk penderita diabetes.

Apel kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B, vitamin C, dan potasium. Sementara selai kacang menyediakan sejumlah vitamin E, magnesium, dan mangan, yang mana semua itu membantu mengelola diabetes.



4. Buncis Panggang


Camilan penderita diabetes itu memang sesuatu yang sehat. Anda jangan berharap sampai di poin ini bakal menemukan camilan seperti snack ringan atau es krim.

Buncis panggang adalah jenis camilan sehat lain yang bisa dijajal oleh penderita diabetes. Pada 164 gram buncis, terkandung 15 gram protein dan 13 gram serat.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buncis secara teratur dapat berperan mencegah diabetes semakin buruk, karena kandungan gizinya yang baik mengelola kadar gula darah.

5. Kacang Edamame

Penderita diabetes boleh nyemil edamame. Kacang-kacangan ini mengandung 17 gram protein dan 8 gram serat per 155 gramnya. Fakta studi menunjukkan bahwa edamame dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Studi dilakukan pada hewan.

Tak hanya itu, edamame juga diketahui dapat meningkatkan resistensi insulin yang berkaitan erat dengan kondisi kesehatan penderita diabetes.

So, itu dia 5 camilan yang aman dimakan oleh penderita diabetes. Ingat, makannya tetap dalam porsi normal, karena apa pun yang berlebihan tidak akan baik untuk tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)