6 Penyebab Tumor Otak pada Wanita, Waspada Stres dan Merokok

Rabu, 29 Juni 2022 - 10:52 WIB
loading...
6 Penyebab Tumor Otak pada Wanita, Waspada Stres dan Merokok
Penyebab tumor otak pada wanita perlu diketahui agar bisa meminimalisir risikonya. Tumor di otak bisa bersifat jinak maupun ganas yang disebut dengan kanker. Foto/Tech Explorist
A A A
JAKARTA - Penyebab tumor otak pada wanita perlu diketahui agar Anda bisa meminimalisir risikonya. Tumor di otak bisa bersifat jinak maupun ganas yang biasa disebut dengan kanker.

Keberadaan tumor di otak bisa dimulai langsung di otak yang disebut tumor otak primer, tapi bisa juga hasil metastase dari kanker di organ tubuh lain. Pada kebanyakan kasus, tumor di otak terjadi di usia lebih tua.

Menurut laporan Globally Info, kemunculan tumor otak berasal dari otak itu sendiri atau dari jaringan di sekitarnya seperti selaput otak (meninges), saraf kranial, kelenjar hipofisis, atau kelenjar pineal.

"Ketika sel-sel normal mengalami mutasi di DNA, tumor otak primer mungkin mulai berkembang. Mutasi ini memungkinkan sel tumbuh, berdiferensiasi, dan terus hidup jika sel sehat mati," kata laporan tersebut dilansir Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Penyebab Tumor Otak yang Harus Diwaspadai

Dari kejadian tersebut, efeknya adalah massal sel yang tidak teratur menciptakan tumor. Nah, gejala tumor otak primer pada wanita jauh lebih ringan dibandingkan tumor otak yang berasal dari masalah di organ lain.

Dijelaskan lebih lanjut di situs dr Himanshu Gupta bahwa ada beberapa penyebab tumor otak. Berikut ulasannya.

1. Usia

Usia adalah faktor risiko yang tidak bisa dicegah. Semakin tua usia seseorang, semakin tinggi risikonya. Pada orang dewasa, usia rata-rata terdiagnosis adalah 60 tahun. Tumor otak sangat jarang ditemukan pada anak-anak.

2. Riwayat Keluarga
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1962 seconds (11.252#12.26)