Cara Menurunkan Kolesterol dengan Puasa, Solusi yang Efektif

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:10 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Puasa, Solusi yang Efektif
Kolesterol masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi masyarakat. Foto DOK Doktersehat
A A A
JAKARTA - Kolesterol masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi masyarakat. Apalagi, jika tidak segera diobati bisa berakibat memunculkan masalah kesehatan yang berbahaya, termasuk risiko penyakit jantung hingga stroke.

Dalam perkembangan ilmu kesehatan, para peneliti mencari berbagai solusi efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah dengan berpuasa. Puasa sendiri dikatakan bisa menurunkan kolesterol karena seseorang akan membatasi makanan dan minuman yang masuk ke tubuhnya dalam waktu tertentu.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Pada dunia medis, istilah yang sering digunakan adalah puasa intermiten. Umumnya bisa diartikan ketika orang berpuasa selama satu hari, kemudian makan secara normal pada hari berikutnya. Selain itu bisa juga menggunakan pola variasi lainnya.

Dikutip dari Mayoclinic, puasa teratur bisa membuat kesehatan tubuh membaik. Hal ini dikarenakan tubuh bisa mengontrol metabolisme kolesterol dan gula yang masuk kedalamnya.

Puasa secara teratur juga bisa menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau biasa disebut sebagai kolesterol jahat pada tubuh. Sebagai dampaknya, tentu hal ini bisa meminimalisir kemungkinan atau risiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

Dikutip dari Science Daily, para peneliti di Intermountain Heart Institute, Intermountain Medical Center, Murray, Utah memperhatikan bahwa setelah 10 hingga 12 jam berpuasa, tubuh akan mulai mencari sumber energi lain. Dalam hal ini, tubuh akan menarik kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dari sel-sel lemak dan menggunakannya sebagai energi.

Baca juga : Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

Lebih lanjut, selama penelitian bisa terlihat bahwa pada periode enam minggu, kadar kolesterol menurun sekitar 12 persen di samping penurunan berat badan. Saat puasa, proses ekstraksi kolesterol LDL dari sel-sel lemak untuk energi akan membantu menghilangkan resistensi insulin.

Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang dianjurkan untuk melakukan puasa demi menurunkan kadar kolesterol. Terutama pada orang-orang dengan keadaan tertentu seperti wanita yang sedang hamil atau menyusui, orang yang menggunakan obat diabetes, orang dengan penyakit hati stadium akhir, hingga orang yang mengalami gangguan makan atau kekurangan berat badan.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0969 seconds (10.177#12.26)