7 Tips Diet Tanpa Nasi, Mampu Turunkan Berat Badan dan Tubuh Tetap Sehat

Kamis, 30 Juni 2022 - 18:18 WIB
loading...
7 Tips Diet Tanpa Nasi, Mampu Turunkan Berat Badan dan Tubuh Tetap Sehat
Tips diet tanpa nasi penting diketahui bagi mereka yang memang ingin menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Tips diet tanpa nasi penting diketahui bagi mereka yang memang ingn menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Sebagai wanita ataupun pria memiliki berat badan yang ideal sangat diharapkan. Terkadang merasa bingung, bagaimana bisa melakukan diet tanpa nasi yang mampu menurunkan berat badan hingga tetap menyehatkan badan.

Ternyata ada cara diet tanpa nasi yang mampu menurunkan berat badan dan juga menyehatkan bagi kesehatan. Dengan mengemil secara ra sehat. "Studi menunjukkan orang yang makan 4-5 kali atau snack per hari lebih mampu mengontrol nafsu makan dan berat badan mereka,” kata peneliti obesitas Rebecca Reeves, DrPH, RD dilansir WebMD, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Wajib Tahu, Berikut Tips Diet Setelah Melahirkan

Berikut 7 tips diet tanpa nasi mampu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh sehat. Dirangkum dari berbagai sumber, antara lain;

1. Buah dan sayuran
Mengonsumsi buah dan sayur bagi seseorang sedang diet, sangatlah disarankan. Bukan hanya memenuhi gizi, tapi juga rendah kalori dan lemak, dan tinggi serat. Jadi bahan penting untuk penurunan berat badan yang sukses karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

2. Makan berserat tinggi
Apabila sedang diet, seseorang tentu memerlukan serat dalam makanannya, yang bisa memberikan rasa kenyang dan juga sehat. Serat hanya ditemukan dalam makanan dari tumbuhan, seperti buah dan sayuran, gandum, roti gandum, pasta, dan kacang-kacangan, kacang polong dan lentil.

3. Hindari junk food
Bagi seseorang yang diet, mengonsumsi junk food atau makanan siap saja bisa menggagalkan tujuan, juga tidak sehat bagi tubuh. Jangan menyimpan junk food seperti coklat, biskuit, keripik dan minuman manis bersoda di rumah, gantinya buah, kue beras tawar, kue gandum, popcorn tawar atau tanpa pemanis, dan jus buah.

4. Makan Protein sebagai camilan
Selama diet, pastikan untuk memasukkan protein sehat seperti makanan laut, daging tanpa lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, kacang-kacangan, atau kacang-kacangan ke dalam makanan dan camilan Anda.

5. Istirahat cukup
Bukan hanya pola makan yang ijaga selama diet, tapi juga waktu istirahat perlu diperhatikan. Tidur yang cukup dapat membuat Anda merasa istirahat dan kenyang serta mencegah Anda untuk ngemil yang tidak perlu.

6. Hindari Alkohol
Bagi anda sedang diet, perlu mempertimbangkan konsumsi alkohol. Alkohol mengandung kalori kosong: segelas anggur lima ons memiliki 125, sebotol bir sekitar 153. Karena tubuh tidak membutuhkan kalori itu, bisa diubah menjadi lemak.

7. Aktif bergerak
Bukan hanya diet dengan mengontrol asupan, bergerak aktif juga diperlukan. Menjadi aktif adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat Anda hilangkan melalui diet saja.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1036 seconds (10.177#12.26)