7 Buah dan Sayur yang bisa Membantu Menurunkan Kolesterol, Dijamin Paten

Senin, 04 Juli 2022 - 14:42 WIB
loading...
7 Buah dan Sayur yang bisa Membantu Menurunkan Kolesterol, Dijamin Paten
Sedikitnya ada tujuh buah dan sayur yang bisa menurunkan kolesterol. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh buah dan sayur yang bisa menurunkan kolesterol. Umumnya, kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang bisa memunculkan penyakit berbahaya. Termasuk diantaranya penyakit jantung dan stroke .

Dalam pengertiannya, kolesterol bisa diartikan sebagai zat seperti lemak yang diproduksi oleh organ hati. Karena berupa lemak, kolesterol ini tidak bisa larut dalam air. Dia mengalir ke seluruh tubuh dengan bantuan partikel yang disebut lipoprotein.

Baca juga : Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa melakukan beberapa perubahan pada kehidupan sehari-hari, termasuk pola makan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda bisa menambahkan beberapa buah dan sayur yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dilansir dari situs Eat This, berikut beberapa buah dan sayur yang bisa menurunkan kolesterol :

1. Berry

Buah Berry memiliki kandungan serat dan antioksidan yang baik. Selain meningkatkan HDL, buah tersebut juga bisa melindungi kadar LDL dari oksidasi dalam tubuh. Sehingga bisa terhindar dari efek bahayanya.

2. Bayam

Sayuran seperti Bayam dipenuhi vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam fungsinya, beberapa kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, bayam juga memiliki serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebagai gambaran, serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh secara bersamaan.

3. Plum

Sebagian orang mungkin jarang mengetahui buah plum. Padahal, buah yang satu ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk menjaga kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian, memakan 50 gram buah plum setiap hari bisa meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik pada wanita pascamenopause secara signifikan. Tak hanya itu, buah ini juga bisa menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

4. Brokoli

Sama halnya dengan bayam, brokoli memiliki berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, sayuran penuh nutrisi ini juga bisa membantu mengelola kolesterol dalam tubuh.

Brokoli memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung karoten yang bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL pada aliran darah.

Baca juga : Apakah Pete Mengandung Kolesterol? Begini Penjelasannya

5. Semangka

Menurut ahli gizi, semangka juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Secara alami, buah ini mengandung likopen dan karotenoid yang bisa menangkal radikal bebas. Sehingga cukup berguna untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol.

6. Artichoke

Artichoke mungkin terlihat berbeda dari sayuran lain seperti bayam dan brokoli. Namun, jangan salah sangka karena faktanya mereka memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa membantu mengelola kolesterol.

Artichoke memiliki serat tinggi, magnesium serta antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin K yang bisa mencegah penggumpalan darah dalam arteri.

7. Apel

Buah Apel menjadi salah yang cukup disukai sebagian besar orang. Dalam hal ini, apel mengandung pektin yang sangat tinggi. Pektin tersebut merupakan serat larut yang mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan. Sehingga, dalam prosesnya pektin ini akan membawa kolesterol ke hati untuk dieliminasi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)