Keluarga Memiliki Peran Penting dalam Pemulihan Penderita Diabetes

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:41 WIB
loading...
Keluarga Memiliki Peran Penting dalam Pemulihan Penderita Diabetes
Baik orang tua maupun anak memiliki peran penting dalam manajemen penyakit terhadap anggota keluarga lainnya yang sedang sakit. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Seseorang yang hidup dengan diabetes bukanlah sebuah hal mudah. Penderita diabetes perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup yang lebih serius, seperti mempelajari cara memantau dan mengontrol kadar gula darah.

Hal tersebut tentunya memakan waktu, dan bahkan bisa berisiko mencetuskan masalah kesehatan lain seperti komplikasi, serta lebih rentan terhadap depresi dan stres.

Olah karena alasan-alasan tersebut, seseorang yang menderita diabetes mungkin memerlukan bantuan dan dukungan dari keluarga mereka.

Baca juga: Buah yang Bagus untuk Positif Covid-19 BA.4 dan BA.5, Ini Penjelasan Dokter

Merespons hal tersebut, mGanik Group merilis sebuah videobertajuk Bagaimana Peran Keluarga Sangat Mempengaruhi Hidup pada peringatan Hari Keluarga Nasional yang lalu.

Video yang ditayangkan di platform Youtube dan Instagram mGanik itu menyajikan informasi pentingnya peran keluarga dalam memberikan perawatan serta kepedulian terhadap anggota keluarga yang sedang menjalani masa pengobatan.

"Kami ingin mengajak seluruh anggota keluarga mengambil peran untuk mendukung pemulihan sesama anggota keluarga yang sedang menjalani proses pengobatan," ungkap Co-Founder mGanik Group, Jessica Rukmanto dalam siaran persnya, Selasa (5/7/2022).

Elly Setiawati, seorang ibu dari anak penderita diabates tipe 1, dalam video tersebut bercerita bagaimana perjuangan menyembuhkan anaknya.

"Sebagai orang tua, saya berusaha mencari alternatif di manapun. Selama 6 bulan perjuangan, intinya saya ingin mencari obat untuk anak saya," ujar Elly.

Baik orang tua maupun anak memiliki peran penting dalam manajemen penyakit terhadap anggota keluarga lainnya yang sedang sakit. Mulai dari melibatkan diri dengan memberikan perawatan serta bersikap simpatik terhadap kondisi anggota keluarga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)