Buah yang Bagus untuk Positif Covid-19 BA.4 dan BA.5, Ini Penjelasan Dokter

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:05 WIB
loading...
Buah yang Bagus untuk Positif Covid-19 BA.4 dan BA.5, Ini Penjelasan Dokter
Buah yang bagus untuk pasien positif Covid-19 subvarian BA.4 dan BA.5 diantaranya pepaya dan jeruk. Foto/Vegalicious
A A A
JAKARTA - Subvarian BA.4 dan BA.5 yang kini sudah mendominasi jumlah kasus Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia. Tidak menutup kemungkinan, banyak orang yang akan bisa tertular subvarian ini.

Lantas buah apa saja yang pas dikonsumsi saat seseorang positif Covid-19 subvarian BA.4 dan BA.5?. Tantri Warachesti Prihardani, Dokter Spesialis Gizi dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan mengatakan ketika positif Covid-19, seseorang perlu meningkatkan antibodi atau sistem kekebalan tubuhnya.

Maka buah yang bisa dikonsumsi yaitu mengandung vitamin C. Namun, dia menegaskan buah bukan jadi salah atau opsi untuk sembuh dari BA.4 dan BA.5, juga membutuhkan gizi seimbang.

"Sebenarnya saya juga sudah saya sampaikan bahwa memang untuk penyakit ini dibutuhkan antibodi atau daya tahan tubuh yang baik ya," ujar Tantri dalam Siaran Sehat di Radio Kesehatan, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Covid-19 BA.4 dan BA.5 Sebagai Variant of Concern, Ini Penjelasan Dokter Reisa
">

"Jadi mulai dari sekarang kita konsumsi dengan gizi seimbang, di mana bukan hanya buah saja. Jadi harus memenuhi dengan perlu protein dan serat," jelasnya

Kendati demikian, ia meminta agar masyarakat mulai sejak dini sering mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Bisa dikonsumsi setiap harinya, seperti jeruk dan pepaya.

"Salah satu contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya jadi alternatif bisa jadi alternatif dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya

Melansir website resmi Dinkeskalbar, manfaat vitamin C diungkap oleh riset yang dimuat dalam jurnal Nutrients bahwa vitamin C berkontribusi terhadap daya tahan tubuh dengan meningkatkan berbagai fungsi sel imun.

Baik sistem imun bawaan maupun sistem imun adaptif, di mana vitamin C berperan dalam perlindungan tubuh dari berbagai penyakit.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1404 seconds (11.252#12.26)