5 Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi, Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Jum'at, 08 Juli 2022 - 09:34 WIB
loading...
5 Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi, Wajib Dihindari Penderita Diabetes
Makanan penyebab gula darah tinggi wajib dihindari penderita diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis yang telah mencapai proporsi epidemi di seluruh dunia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan penyebab gula darah tinggi wajib dihindari penderita diabetes . Diabetes adalah penyakit kronis yang telah mencapai proporsi epidemi di antara orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia.

Diabetes yang tidak terkontrol memiliki banyak konsekuensi serius, termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan, dan komplikasi lainnya. Pradiabetes juga telah dikaitkan dengan kondisi ini.

Makan makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dan meningkatkan peradangan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Karbohidrat memiliki efek terbesar pada gula darah. Ini karena mereka dipecah menjadi gula, atau glukosa, dan diserap ke dalam aliran darah. Ketika penderita diabetes mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat pada suatu waktu, kadar gula darah dapat naik ke tingkat yang sangat tinggi.

Baca Juga: 5 Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Studi Membuktikannya!

Seiring waktu dapat merusak saraf dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kondisi kesehatan serius lainnya. Berikut daftar makanan penyebab gula darah tinggi dilansir dari Healthline, Jumat (8/7/2022).

1. Nasi

5 Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi, Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Foto/Getty Images

Roti putih, pasta, dan nasi tinggi karbohidrat namun rendah serat. Kombinasi ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Sebagai alternatif, memilih makanan utuh berserat tinggi dapat membantu mengurangi respons gula darah.

2. Sereal
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1797 seconds (11.210#12.26)