7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Nomor 4 Paling Mengejutkan

Senin, 11 Juli 2022 - 16:18 WIB
loading...
7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Nomor 4 Paling Mengejutkan
Ketumbar adalah rempah yang biasa digunakan membumbui masakan. Ketumbar dari tanaman coriandrum sativum dan terkait dengan peterseli, wortel, dan seledri. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ketumbar adalah rempah yang biasa digunakan untuk membumbui banyak masakan. Ketumbar berasal dari tanaman coriandrum sativum dan terkait dengan peterseli, wortel, dan seledri.

Di Amerika Serikat, biji coriandrum sativum disebut ketumbar, sedangkan daunnya disebut cilantro. Di belahan dunia lain, mereka disebut biji ketumbar dan daun ketumbar. Tanaman ini juga dikenal sebagai peterseli China.

Banyak orang menggunakan ketumbar dalam hidangan seperti sup dan salsa, serta makanan India, Timur Tengah, dan Asia seperti kari dan masala. Daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya digunakan dikeringkan atau digiling.

Selain untuk masak, ketumbar juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Healthline, Senin (11/7/2022).


1. Menurunkan Gula Darah

Ketumbar dapat menurunkan gula darah dengan mengaktifkan enzim tertentu. Faktanya, itu cukup kuat sehingga orang dengan gula darah rendah harus menggunakannya dengan hati-hati.

2. Kaya Antioksidan Penambah Kekebalan Tubuh

Ketumbar penuh dengan antioksidan yang menunjukkan efek meningkatkan kekebalan, antikanker, anti-inflamasi, dan neuroprotektif.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ketumbar dapat melindungi jantung Anda dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Diet kaya rempah-rempah tampaknya dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7151 seconds (0.1#10.140)