Mencuci Tak Perlu Pewangi Banyak tapi Lembut dan Harum, Kok Bisa?

Selasa, 12 Juli 2022 - 17:31 WIB
loading...
Mencuci Tak Perlu Pewangi Banyak tapi Lembut dan Harum, Kok Bisa?
Ilustrasi Mencuci pakaian/ Foto: Freepik
A A A
JAKARTA - Mencuci baju menjadi salah satu pekerjaan rumah yang sering dilakukan agar noda, keringat, dan debu pada pakaian dapat terangkat sempurna.

Selain untuk membersihkan, mencuci juga bertujuan agar pakaian harum serta lembut kembali dengan menggunakan cairan pewangi dan pelembut. Sayangnya, terkadang harum pada pakaian tidak bertahan lama, atau bahkan bisa tercium apek.

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda perlu memperhatikan tahapan pencucian dengan tepat yang disertai beberapa tips agar lebih efektif. Seperti, langsung menjemur pakaian sesaat setelah dicuci.

Jika Anda juga termasuk yang sudah menggunakan pewangi banyak namun terasa masih kurang efektif. Berikut proses dan tips mencuci pakaian menggunakan tangan maupun mesin cuci perlu diperhatikan. Apa saja tipsnya?

Waktu perendaman
Saat merendam pakaian dengan deterjen ataupun pewangi, Anda perlu memerhatikan waktunya, tepatnya sekitar 10 hingga 30 menit. Jika lebih dari itu, air rendaman justru akan berubah menjadi bau, dan membuat pakaian bau apek.

Oleh karena itu, meski ditinggal untuk melakukan pekerjaan lainnya, ada baiknya tetap memerhatikan waktu selama merendam pakaian. Dengan begitu, deterjen dan pewangi menjadi lebih efektif dan tidak perlu terlalu banyak menggunakannya.

Kucek pakaian yang tengah dicuci
Agar noda yang menempel di pakaian hilang dengan sempurna, Anda bisa mengucek pakaian dengan tangan secara langsung supaya dapat lebih yakin jika noda telah terangkat.

Kini, terdapat mesin cuci dengan teknologi laguna drum. Teknologi ini dapat memaksimalkan daya spin dari mesin cuci, sehingga memberikan efek seperti mengucek baju.

Ada pula fitur laguna wave yang merupakan perendaman khusus agar kotoran membandel dapat terangkat dan pakaian menjadi lebih bersih dengan maksimal. Kedua teknologi canggih ini dapat ditemukan pada mesin cuci Zeromatic Laguna dari Polytron.

Peras pakaian yang telah dicuci
Setelah mencuci dengan deterjen, jangan biarkan busa cucian menempel lama. Segeralah bilas dengan air untuk membersihkan busa kotoran. Lalu, peras pakaian agar busa kotoran dapat hilang sepenuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3015 seconds (10.177#12.26)