Ini Cara Kerja LSF Melakukan Sensor Film, Termasuk Menetapkan Batasan Usia

Kamis, 14 Juli 2022 - 19:31 WIB
loading...
Ini Cara Kerja LSF Melakukan Sensor Film, Termasuk Menetapkan Batasan Usia
Cara kerja LSF melakukan sensor film sangat jarang diketahui. Mulai dari menyaring layak atau tidak hingga menetapkan batasan usia dari sebuah film yang akan ditayangkan. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Cara kerja Lembaga Sensor Film (LSF) memang dalam melakukan sensor film sangat jarang diketahui. Mulai dari menyaring layak atau tidak hingga menetapkan batasan usia dari sebuah film sebelum tayang.

Sekadar diketahui, sebelum penayangan di bioskop atau di layanan streaming, film sendiri harus melalui lembaga sensor film.

Hal ini bertujuan untuk mengawasi isi tayangan guna mempertahankan nilai-nilai budaya, norma sosial, dan kepercayaan.

Sensor film juga bertugas mengawasi film-film yang berisi hal yang kurang mendidik terutama bagi anak dibawah umur.



Di Indonesia sendiri, pihak yang bertugas melakukan sensor film adalah Lembaga Sensor Film Indonesia atau dikenal dengan LSF.

Simak cara kerja LSF yang berkontribusi sebelum penayangan sebuah film, sebagaimana dikutip MNC Portal Indonesia dari berbagai sumber, Kamis (14/7/2022).

LSF memiliki tugas untuk menyaring dan memberikan sensor pada sebuah film yang akan ditayangkan di bioskop dan diedarkan di Indonesia.

Baik film dalam negeri dan luar negeri, semua konten sinema akan melalui proses sensor oleh lembaga tersebut.

Peran LSF ini pun sangat penting dalam menjaga kualitas perfilman di Indonesia. LSF juga bertanggung jawab memberikan izin tayang film-film yang memberikan dampak baik pada masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2617 seconds (0.1#10.140)