12 Buah yang Baik untuk Penderita Sakit Pinggang

Sabtu, 23 Juli 2022 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Baca Juga: Cara Tepat Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil

7. Stroberi

Buah stroberi bisa menjadi pilihan buah untuk mengatasi sakit pinggang. Itu karena buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Anda bisa menikmati buah stroberi secara langsung atau mencampurnya dengan buah lain untuk dijadikan jus. Sama-sama nikmat dan menyegarkan serta sehat!

8. Anggur Merah

Anggur merah bisa menjadi buah yang tepat untuk meredakan nyeri kronis di pinggang. Buah ini diketahui memiliki kandungan antiinflamasi yang disebut dengan resveratrol. Zat ini dipercaya dapat mengurangi nyeri pada sendi maupun otot.

Selain itu, terdapat kandungan antosianin dalam buah anggur, yang dipercaya mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan molekul anti peradangan di dalam tubuh.Buah anggur dapat langsung dikonsumsi ataupun dijadikan campuran jus buah untuk mengatasi sakit pinggang.

9. Lemon

Kandungan vitamin C dalam buah lemon dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Seperti yang telah dijelaskan di atas, antioksidan ini bisa membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Anda bisa menambahkan perasan lemon ke dalam jus maupun salad. Cara lain untuk mendapatkan manfaat lemon adalah dengan menambahkan perasan lemon ke dalam segelas air hangat, lalu segeralah minum.

10. Nanas

Jika Anda penyuka nanas, buah ini ternyata juga baik untuk sakit pinggang. Sebab, buah tropis ini mengandung enzim bromelain yang berperan sebagai agen anti inflamasi untuk meredakan kondisi peradangan.

Dalam beberapa penelitian, enzim bromelain dapat membantu mengurangi peradangan pada kasus sinusitis, sakit tenggorokan, dan arthritis.Selain itu, enzim pada nanas ini juga sering digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Aman dan Efektif

11. Raspberry

Buah beri, sama halnya dengan stroberi dan bluberi, mengandung antioksidan yang baik untuk membantu meredakan peradangan.
Maka dari itu, buah beri—termasuk raspberry—bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk mengatasi sakit pinggang.

12. Pepaya

Konsumsi pepaya dianggap dapat membantu memperlancar pencernaan dan aliran darah, termasuk di daerah pinggang. Pepaya mengandung enzim papain yang berperan sebagai anti peradangan alami. Enzim ini membantu mengurangi kekakuan dan nyeri pada sendi.

Meski memiliki efek anti peradangan, untuk meredakan sakit pinggang secara langsung buah pepaya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.Itulah beberapa jenis buah untuk membantu mengatasi sakit pinggang Anda.

Selain buah-buahan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, magnesium, serta kalsium yang tinggi. Makanan tersebut dipercaya baik untuk meredakan sakit pinggang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)