Ini 9 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik, Terbukti Alami

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:51 WIB
loading...
Ini 9 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik, Terbukti Alami
Sedikitnya ada sembilan makanan untuk meningkatkan kolesterol yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada sembilan makanan untuk meningkatkan kolesterol yang bisa diketahui. Dengan memahaminya, pengidap kolesterol tidak perlu khawatir akan tingginya kadar kolesterol.

Kolesterol memang merupakan salah satu zat dibutuhkan dalam tubuh. Namun bila berlebihan akan dapat menimbulkan plak yang akan menyumbat aliran darah hingga menyebabkan berbagai penyakit .

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Melansir dari eatingwell, terdapat dua kolesterol yang dihasilkan tubuh yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL ini biasanya sering disebut kolesterol jahat, sementara HDL merupakan kolesterol baik yang bisa mengurangi kelebihan LDL dalam darah.

Menjaga pola makan menjadi salah satu tindak pencegahan supaya LDL tidak berlebihan. Karena itu terdapat beberapa makanan yang mengandung kolesterol baik yang bagus untuk menjaga kesehatan.

Berikut sembilan makanan untuk meningkatkan kolesterol baik :

1. Ikan

Terdapat beberapa jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung omega 3 dan kadar kolesterol HDL. Diantaranya adalah :

- Sarden
- Salmon
- Mackerel
- Trout
- Albacore tuna

2. Buah Berserat Tinggi

Apel, pir dan prune merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL serta menurunkan kolesterol LDL. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur tentu akan menyehatkan tubuh dan terhindar dari penyakit kronis.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber serat larut dan vitamin B yang sangat baik dalam menjaga fungsi jantung. Harga makanan ini juga terjangkau dan mudah didapat sehingga cocok jadi pilihan untuk menurunkan kolesterol LDL.

Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol jahat. Selain itu kacang juga bisa meningkatkan kadar HDL.

4. Biji Chia

Biji-bijian yang berasal dari tumbuhan Salvia hispanica ini memiliki sumber asam lemak omega, serat dan masih banyak kandungan baik lainnya.

Menambahkan biji ini pada makanan akan membantu menurunkan kadar LDL, meningkatkan HDL dan juga menurunkan tekanan darah.

5. Alpukat

Selain nikmat dijadikan jus alpukat juga memiliki kandungan lemak dan serat tak jenuh sehingga baik bagi tubuh. Kombinasi nutrisi ini memungkinkan alpukat membantu membersihkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL.

6. Coklat Hitam

Daripada mengkonsumsi coklat biasa lebih baik beralih ke coklat hitam atau dark chocolate. Karena makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi meskipun tidak terlalu manis.

Suatu penelitian mengungkapkan kadar kolesterol HDL mengalami peningkatan dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan sekitar 0,65% dari kadar normal.

7. Buah Berry

Buah Berry dikenal memiliki kandungan serat dan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. raspberry, blueberry, atau stroberi adalah beberapa berry yang bisa dijadikan santapan sehat.

Baca juga : Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

8. Gandum

Gandum utuh ini juga kaya akan serat larut seperti kacang. Sehingga gandum ini bisa dijadikan sumber makanan peningkat kolesterol HDL. Kini banyak roti yang mengandung gandum utuh ini.

9. Minyak Zaitun

Minyak ini penuh dengan senyawa anti-inflamasi, asam oleat, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa, elenolide, yang ditemukan dalam minyak zaitun, terutama minyak zaitun berkualitas tinggi, membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)