3 Makanan Laut Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Favorit Pecinta Seafood

Jum'at, 29 Juli 2022 - 21:55 WIB
loading...
3 Makanan Laut Mengandung Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Favorit Pecinta Seafood
Makanan laut mengandung kolesterol tinggi sangat penting diketahui karena sangat berisiko bagi penderita penyakit akibat lemak jahat. Foto/Ilustrasi/Quandoo
A A A
JAKARTA - Makanan laut mengandung kolesterol tinggi sangat penting diketahui karena sangat berisiko bagi penderita penyakit lemak jahat itu.

Secara umum banyak orang menyukai makanan laut atau seafood. Dibalik kenikmatan rasanya ternyata ada yang mengandung kolesterol tinggi.

Seperti diketahui memiliki kolesterol tinggi dapat memicu penyakit lainnya, seperti jantung hingga stroke.

"kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah Hal ini membuat darah sulit mengalir melalui arteri, jika ini pecah, dapat membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke," keterangan dalam Hearth Foundation, Jumat (29/7/2022).



Untuk mengetahui makanan laut apa saja sih yang mengandung kolesterol tinggi. Berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Lobster

Lobster mendapat reputasi buruk karena kolesterolnya tinggi. Jika dibandingkan satu porsi 3½ ons steak sirloin tanpa lemak memiliki 64 mg kolesterol, dan lobster dalam jumlah yang sama memiliki 145 mg.

Disamping itu, lbster menyediakan sejumlah besar mineral, seperti seng, kalsium, fosfor, selenium, dan kalium, serta vitamin B,” kata Faye L. Dong, Ph.D., profesor emerita, departemen ilmu pangan dan nutrisi manusia, dilansir consumerreport, Jumat (29/7/2022)

2. Udang dan Kerang

Perlu diketahui bahwa kebanyakan kerang mengandung kurang dari 100 miligram kolesterol per 3 ons sajian yang dimasak. Sedangkan, udang mengandung jumlah kolesterol yang agak lebih tinggi, dengan 170 miligram per 3 ons sajian yang dimasak.

3. Kepiting

Selain udang dan kerang, rupanya kepiting juga salah satu jenis seafood yang kurang baik untuk penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, seafood yang satu ini, kandungan kolesterolnya tergolong cukup tinggi, dalam 84 gram kepiting terdapat 95 mg kolesterol.

Sekedar informasi, tidak ada penyebab tunggal kolesterol tinggi, tetapi ada beberapa faktor risiko yang dapat dikendalikan (misalnya merokok) dan faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan (misalnya usia). Berikut faktor risiko untuk kolesterol tinggi meliputi:

- Usia
- Merokok
- Kurangnya aktivitas fisik
- Kegemukan atau obesitas
- Sejarah keluarga
- Pola makan yang tidak sehat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)