Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Kurang dari 5 Menit, Mudah dan Ampuh

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 11:45 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Kurang dari 5 Menit, Mudah dan Ampuh
Cara menurunkan kolesterol jahat kurang dari 5 menit bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini terbukti aman lantaran Anda tidak perlu menghindari lemak jenuh. Foto/Concierge Medicine in Tucson
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol jahat kurang dari 5 menit bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini terbukti aman lantaran Anda tidak perlu berlebihan seperti menjadi vegan untuk menghindari lemak jenuh.

Sebagai gantinya, langkah-langkah kecil dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian di Kanada terhadap 351 orang dengan kolesterol tinggi , yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, menunjukkan peserta menurunkan kolesterol jahat sekitar 13 persen usai mengonsumsi makanan tertentu.

Beberapa makanan dikenal karena kemampuannya menurunkan kolesterol. Seperti halnya kedelai, serat, dan kacang-kacangan, daripada mengikuti diet rendah lemak secara umum. Menurunkan kolesterol juga tidak perlu memakan waktu, hanya perlu beberapa detik untuk membuat pilihan yang lebih cerdas.

Berikut cara menurunkan kolesterol jahat kurang dari 5 menit seperti dilansir dari Everyday Health, Jumat (5/8/2022).


1. Pilih Kopi dengan Susu

Alih-alih krim, memilih kopi dengan susu skim adalah cara yang mudah untuk menurunkan kolesterol jahat. Anda tidak akan merasakan perbedaannya. Selain membantu menurunkan kolesterol, memilih susu juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan kalsium dan vitamin D.

2. Ganti Mentega

Ganti mentega saat masak untuk menurunkan jumlah lemak jenuh dalam makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Dalam sebuah penelitian di Spanyol yang mengevaluasi manfaat penurun kolesterol jahat dengan mengganti 40 persen lemak jenuh dengan pilihan tak jenuh, peserta yang menggunakan minyak zaitun murni mengalami penurunan kolesterol jahat sekitar 7 persen setelah 4 minggu.

3. Hindari Makanan yang Digoreng

Abaikan teknik memasak yang berat, jadi tidak ada makanan yang digoreng, dilapisi tepung roti, atau diberi saus berat. Sebagai gantinya, pilihlah hidangan sederhana yang tidak memerlukan penambahan lemak. Panggang, kukus, dan bakar bisa dicoba. Pastikan hidangan Anda tidak dipanggang dengan lapisan keju atau lemak lainnya.

4. Kenari untuk Makan Siang

Sekitar 1,5 ons kacang per hari adalah bagian dari diet jantung sehat. Kacang dapat menghilangkan rasa lapar ketika Anda mungkin akan ngemil pilihan tidak sehat yang tidak akan meningkatkan kolesterol. Studi Spanyol yang sama yang menunjukkan manfaat minyak zaitun menemukan bahwa mengganti 40 persen lemak jenuh harian Anda dengan jumlah kenari atau almond ini masing-masing menurunkan kolesterol jahat sebesar 10,8 dan 13,4 persen.


5. Tambahkan Kacang

Kacang mengandung serat larut yang mengikat kolesterol. Jeni kacang sangat beragam dan mudah ditambahkan ke banyak hidangan. Anda dapat menggunakannya untuk hiasan salad atau sebagai dasar untuk makanan vegetarian. Jika Anda belum makan banyak makanan berserat tinggi, konsumsi secara perlahan untuk menghindari ketidaknyamanan yang mengandung gas.

6. Batasi Konsumsi Daging Merah

Untuk membantu menurunkan kolesterol, pilih daging merah tanpa lemak dan konsumsi sekitar 5 ons. Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa menambahkan beberapa salad saat makan daging merah bisa menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Untuk menurunkan kolesterol lebih banyak, Anda bisa memilih daging sapi tanpa lemak yang diberi makan rumput.

7. Minum Teh

Penelitian meninjau 20 studi, yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa minum teh hijau mengurangi kolesterol jahat rata-rata 5,30 mg/dL, meskipun jumlah teh hijau yang diminum sangat bervariasi dari satu penelitian ke penelitian lainnya. Antioksidan yang disebut katekin dalam teh hijau dapat menurunkan kolesterol. Satu cangkir memiliki antara 50 dan 100 mg katekin.

8. Olahraga

Menjadi aktif secara fisik perlu menjadi bagian dari rencana untuk menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Olahraga meningkatkan kolesterol baik dan membantu mengatasi kelebihan berat badan serta kalori yang dapat berkontribusi pada kolesterol tinggi. Anda bisa naik turun tangga alih-alih menggunakan lift agar tubuh tetap aktif. Aktivitas aerobik dan latihan kekuatan yang mengencangkan otot juga dapat menurunkan kolesterol total.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)