alexametrics

Jalan Santai Membantu Menurunkan Berat Badan dan Lemak Perut

loading...
Jalan Santai Membantu Menurunkan Berat Badan dan Lemak Perut
Berjalan adalah bentuk aktivitas fisik yang hebat, gratis, berisiko rendah. Berolahraga secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Jika Anda ingin tetap bugar dan sehat, penting untuk berolahraga secara teratur. Ini karena aktif secara fisik mengurangi risiko mengembangkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Selain membantu menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat, olahraga juga dapat bermanfaat untuk penurunan dan pemeliharaan berat badan.

Berjalan adalah bentuk aktivitas fisik yang hebat, gratis, berisiko rendah, dan mudah diakses oleh kebanyakan orang. Menyimpan banyak lemak di sekitar bagian tengah tubuh telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.



Faktanya, pria dengan lingkar pinggang lebih dari 40 inci (102 cm) dan wanita dengan lingkar pinggang lebih dari 35 inci (88 cm) memiliki obesitas perut, yang dianggap sebagai risiko kesehatan. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi lemak perut adalah dengan secara teratur latihan aerobik, seperti berjalan.

Dalam sebuah penelitian kecil, wanita gemuk yang berjalan selama 50-70 menit tiga kali seminggu selama 12 minggu, rata-rata, mengurangi lingkar pinggang mereka sebesar 1,1 inci (2,8 cm) dan kehilangan 1,5% dari lemak tubuh mereka. (Baca juga: Tak Tahan Mau ke Salon saat Pandemi Covid-19, Ini Saran Dokter Reisa).

Studi lain menemukan bahwa orang yang menjalani diet terkontrol kalori yang berjalan selama 1 jam lima kali per minggu selama 12 minggu kehilangan 1,5 inci (3,7 cm) dari pinggang mereka dan 1,3% lebih banyak lemak tubuh, dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet saja.

Dilansir dari Health Line, studi lain tentang efek berjalan cepat selama 30-60 menit per hari telah mengamati hasil yang sama.

Di sisi lain, banyak orang yang kehilangan berat badan akhirnya kembali mejadi gemuk. Namun, olahraga teratur memainkan peran penting dalam membantu Anda mempertahankan penurunan berat badan.

Olahraga teratur seperti berjalan tidak hanya membantu meningkatkan jumlah energi yang Anda bakar sehari-hari, tetapi juga membantu membangun lebih banyak otot tanpa lemak sehingga membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

Selain itu, olahraga teratur dan intensitas sedang seperti jalan kaki dapat meningkatkan mood, membuat Anda lebih mungkin untuk tetap aktif dalam jangka panjang.

Sebuah ulasan baru-baru ini memperkirakan bahwa untuk mempertahankan berat badan yang stabil, Anda harus berjalan setidaknya 150 menit per minggu. Namun, jika Anda kehilangan banyak berat badan, mungkin perlu berolahraga lebih dari 200 menit per minggu untuk mencegah kenaikan berat badan.

Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa orang yang berolahraga paling banyak biasanya paling sukses dalam mempertahankan penurunan berat badan mereka. Sedangkan orang yang berolahraga paling sedikit cenderung mendapatkan kembali berat badannya.

Memasukkan lebih banyak jalan kaki ke dalam hari Anda dapat membantu meningkatkan jumlah olahraga yang Anda lakukan dan berkontribusi terhadap sasaran aktivitas harian.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak