Jadikan Kuda Sebagai Pemeran Utama di Film Jo Sahabat Sejati, Amanda: Dia Hewan yang Setia

Senin, 08 Agustus 2022 - 20:58 WIB
loading...
Jadikan Kuda Sebagai Pemeran Utama di Film Jo Sahabat Sejati, Amanda: Dia Hewan yang Setia
Film Jo Sahabat Sejati terbilang sangat unik. Jika biasanya aktor papan atas menjadi bintang utama dalam sebuah film, kali ini seekor kuda menempati posisi tersebut. foto/Aldhi Chandra/MPI
A A A
JAKARTA - Film Jo 'Sahabat Sejati' terbilang sangat unik. Jika biasanya aktor papan atas menjadi bintang utama dalam sebuah film , kali ini seekor kuda menempati posisi tersebut.

Amanda Latief, selaku produser sekaligus pemain pun membeberkan alasan mengapa tim Alamanda Production memilih kuda. Menurut Amanda dirinya bersama tim produksi ingin melibatkan hewan yang sangat disukai oleh banyak orang.

"Ternyata setelah dicari tau, kuda termasuk hewan yang setia juga dan pintar," ujar Amanda, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/8/2022).

Bukan hanya sebatas itu saja, rupanya ada unsur salah satu tradisi menarik di Indonesia yang melibatkan kuda. Tradisi tersebut bernama Kuda Renggong.



"Indonesia punya tradisi unik namanya kuda renggong dari sumedang. Dimana asal muasalnya kuda ini bisa silat, bisa menari, dan biasa dipakai untuk acara hajatan masyarakat, anak-anak yang habis khitanan" lanjutnya.

Berangkat dari riset soal tradisi tersebut, tim Alamanda Production pun sampai berangkat ke Sumedang. Di sana lah Amanda dan timnya bertemu salah satu komunitas Kuda Ronggeng.

"Kami latih kuda yang ada di sana itu untuk bisa berakting menyesuikan skrip. Begitu lah kenapa kami memutuskan membuat film yang dimana karakter utamanya seekor kuda" tuturnya.

Adapun film Jo 'Sahabat Sejati' sendiri mengisahkan soal persahabatan manusia dengan kuda. Di samping mengangkat tema kearifan lokal, diselipkan pula nilai nasional dan juga unsur sejarah TNI.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)