Kolesterol Bisa Turun Tanpa Obat, Caranya Mudah dan Cepat

Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:42 WIB
loading...
Kolesterol Bisa Turun Tanpa Obat, Caranya Mudah dan Cepat
Kolesterol bisa turun tanpa obat. Caranya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah di rumah. Pasalnya, Anda cukup mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Foto/Express
A A A
JAKARTA - Kolesterol bisa turun tanpa obat . Caranya pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dilakukan di rumah. Pasalnya, Anda hanya cukup mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Seperti halnya mengatur pola makan hingga rutin olahraga. Cara ini terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang melonjak dan menjadi penyebab masalah kesehatan seperti stroke hingga serangan jantung.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: 4 Telur yang Mengandung Kolesterol, Mana Paling Tinggi?

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Berikut cara menurunkan kolesterol tanpa obat seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/8/2022).

1. Diet Sehat

Diet sehat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan sehat seperti oatmeal, apel, hingga kacang-kacangan yang kaya akan serat larut membantu mencegah tubuh menyerap kolesterol. Selain itu, rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, ketumbar dan lada hitam juga terbukti menurunkan kolesterol.

2. Olahraga

Olaharaga teratur seperti berenang, jalan cepat, jogging, dan bersepeda sangat disarankan untuk menurunkan kolesterol. American Heart Association merekomendasikan setidaknya 150 menit latihan aerobik intensitas sedang dalam seminggu.

3. Tidak Merokok
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1140 seconds (11.252#12.26)