Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia Punya Riwayat Perjalanan ke Luar Negeri

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 17:47 WIB
loading...
Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia Punya Riwayat Perjalanan ke Luar Negeri
Kasus pertama cacar monyet di Indonesia dilaporkan mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri. Kemenkes mengungkap kasus ini terjadi pada pasien pria 27 tahun. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Kasus pertama cacar monyet di Indonesia dilaporkan mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kasus ini terjadi pada pasien pria berusia 27 tahun.

Kasus pertama ini ditemukan di DKI Jakarta. Sementara itu, konfirmasi kasus cacar monyet ini berdasarkan pada tes PCR pasien yang menunjukkan hasil positif cacar monyet.

"Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta. Dia laki-laki berusia 27 tahun," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril saat konferensi pers virtual, Sabtu (20/8/2022).

Adapun kondisi pasien tersebut dijelaskan Syahril saat ini sedang menjalani perawatan medis di rumah atau isolasi mandiri. Pasien tersebut tengah dalam pemantauan tim medis.





Pasien tidak dirawat di rumah sakit. Menurut penuturuan Syahril, ini karena berdasarkan pemeriksaan kesehatan, pasien tersebut mengalami gejala ringan.

"Pasien bergejala ringan, sehingga dia tidak diisolasi di rumah sakit. Pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah," jelas Syahril.

Ditemukannya kasus cacar monyet pertama di Indonesia ini harus diperhatikan bersama oleh semua pihak. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pemerintah pun memastikan pencegahan penyebaran virus akan diperketat, khususnya di pintu masuk ke Indonesia.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)