Tips Mengolah Daging Sapi Australia Jadi Krengsengan yang Rasanya Maknyus

Selasa, 23 Agustus 2022 - 15:28 WIB
loading...
Tips Mengolah Daging Sapi Australia Jadi Krengsengan yang Rasanya Maknyus
Chef Wita Wulandari punya tips jitu untuk mengolah daging sapi Australia menjadi menu krengsengan yang maknyus rasanya. Foto/MPI/Muhammad Sukardi
A A A
JAKARTA - Mengolah daging sapi Australia bukan perkara sulit, apalagi kualitasnya premium seperti yang ditawarkan true aussie beef by Meat and Livestock Australia (MLA). Tak butuh waktu lama sampai akhirnya daging juicy sekaligus kaya rasa.

Tapi, apakah mengolah daging sapi Australia untuk menu krengsengan khas Jawa Timur perlu penanganan khusus?



Dijelaskan Chef Wita Wulandari, untuk menu krengsengan, daging sapi Australia memang perlu sedikit 'treatment' sehingga rasanya bisa lebih maknyus. Salah satunya adalah proses marinasi.

"Kalau aku pribadi akan marinasi dagingnya dulu dengan kecap dan sedikit garam. Ya, kurang lebih 5 menit cukup," ungkap Chef Wita saat diwawancarai MNC Portal seusai memenangkan Aussie Meat Battle di AEON Supermarket BSD, Selasa (23/8/2022).

Chef Wita yang merupakan jebolan MasterChef Indonesia season 8 melanjutkan, agar bumbunya meresap ke daging, daging boleh dipotong-potong berbentuk dadu. Bukan hanya sebagai cara agar bumbu meresap, daging perlu dipotong juga karena menu krengsengan identik dengan daging berpotongan dadu.



Selain perlu marinasi, tips agar daging sapi Australia kualitas premium enak dimakan di menu krengsengan khas Jawa Timur adalah pengolahannya tidak memerlukan waktu yang lama. Berdasarkan resep Chef Wita, dia membutuhkan waktu 7 menit untuk mengolah daging sapi di bumbu krengsengan yang sedang dipanaskan di atas wajan.

"Jadi, setelah bumbu dirasa sudah matang dan agak menyusut untuk mendapatkan tekstur agak kental, baru kemudian masukkan dagingnya ke dalam wajan. Aduk merata, dan diamkan selama kurang lebih 7 menit," papar Chef Wita.

"Waktu yang tidak panjang itu memastikan daging tetap juicy tapi bumbu telah meresap. Kalau masukkan daging sejak awal, nanti dagingnya punya tekstur yang kurang juicy," tambah dia.

So, itu dia tips olah daging sapi Australia kualitas premium untuk menu krengsengan Jawa Timur. Menarik bukan untuk dicoba di rumah?
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)