Bagaimana Cara Merawat dan Membersihkan Miss V? Begini Saran Dokter

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 06:37 WIB
loading...
Bagaimana Cara Merawat dan Membersihkan Miss V? Begini Saran Dokter
Pembahasan mengenai kebersihan organ intim kewanitaan kini bukan hal yang tabu lagi. / Foto: ilustrasi/mymed.com
A A A
JAKARTA - Pembahasan mengenai kebersihan organ intim kewanitaan kini bukan hal yang tabu lagi. Termasuk soal cara membersihkan organ intim wanita.

Masih banyak wanita yang menganggap bahwa membersihkan area kewanitaan cukup dibasuh dengan air saja. Padahal, pada faktanya, untuk menjaga area kewanitaan tidak cukup dengan air saja.

Perwakilan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dr. dr. Tofan Widya Utami mengungkapkan, area kewanitaan yang tampak dari luar sesungguhnya adalah vulva bukan vagina. Namun, banyak wanita yang salah kaprah terkait perbedaan keduanya.

Baca juga: Tampil Pakai Gaun Kemenangan, Titi DJ Sukses Hipnotis Publik

"Bagian vulva justru harus dijaga kebersihannya dengan cara yang sangat sederhana, di mana dapat dibasuh dan dibersihkan dengan sabun yang digunakan pada saat mandi," ungkap dr. Tofan saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022).

"Bukan area vagina ya, kalau vagina itu adalah area dalam yang memang tidak bisa dibersihkan dengan produk apapun karena justru akan menganggu keseimbangan flora normal dan membunuh bakteri baik," sambung dia.

Dr. Tofan memaparkan, karena kulit yang melapisi tubuh kita juga terdapat mikroflora dan juga kuman patogen, maka para wanita dianjurkan membersihkan area luar kewanitaan dengan sabun antiseptik dan dilanjutkan dengan sabun yang cukup lembut (moist) agar tidak mengakibatkan kulit menjadi kering.

Lebih lanjut, dr. Tofa mengutarakan, sebenarnya tubuh kita sudah memiliki natural defense yaitu dalam hal ini vagina memiliki keseimbangan (equilibrium) mikroflora normal sebagai pertahanan terhadap berbagai kondisi patogen (penyakit).

Segala kondisi yang mengganggu keseimbangan mikroflora normal di vagina ini akan memicu perubahan kondisi sehingga terjadi beberapa kondisi inflamasi (peradangan) ataupun infeksi.

"Nah, salah satu upaya untuk meningkatkan mikroflora adalah dengan memberikan nutrisi berupa prebiotik dan menjaga kebersihan area kewanitaan," ucap dia.

Para wanita bisa menggunakan berbagai macam rangkaian produk perawatan kesehatan kewanitaan untuk menjaga kebersihan area vulva.

Baca juga: Pulang dari Amerika Serikat, Raffi Ahmad Yakin Nagita Slavina Bakal Hamil

Disarankan agar memilih produk seperti antiseptik yang hanya digunakan sekali dalam seminggu sebagai perlindungan ekstra untuk mengatasi infeksi kuman, atau sabun daily wash khusus berbentuk foam yang biasanya mengandung prebiotik, sehingga aman digunakan sehari-hari.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1698 seconds (11.97#12.26)