Ini Cara Terbaik Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:44 WIB
loading...
Ini Cara Terbaik Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan
Foto: Doc. Okezone
A A A
JAKARTA - Musim hujan kerap menjadi masa rentan munculnya berbagai penyakit. Apalagi ketika cuaca cepat berubah, dari panas kemudian hujan bisa menyebabkan tubuh mudah drop. Kondisi ini tentu saja membuat siapa saja mudah terserang penyakit, mulai dari batuk, pilek, demam bahkan penyakit kulit.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya, kita mesti mempersiapkan segala sesuatunya termasuk soal cara menjaga kesehatan tubuh. Lalu apa saja cara efektif untuk mengantisipasinya, yuk simak ulasan berikut agar tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit di kala musim hujan.

1. Konsumsi makanan bergizi
Sistem kekebalan tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang teratur, beragam dan seimbang. Dianjurkan makanan yang dikonsumsi mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan itu diantaranya buah, sayuran, ikan, telur, susu, daging, biji-bijian dan kacang-kacangan. Kita juga dianjurkan membatasi gula, garam, dan lemak lho untuk meningkatkan imunitas.

2. Rajin cuci tangan
Ini cara paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan, yakni rajin cuci tangan. Banyak virus dan bakteri bermunculan ketika curah hujan sedang tinggi. Secara tidak sadar, sumber penyakit datang karena kita melakukan kegiatan sederhana seperti memegang susuran tangga, atau kursi dan meja di tempat umum yang terpapar air hujan.

Jadi sebaiknya, cucilah tangan secara rutin dengan sabun setelah beraktivitas atau keluar rumah. Dengan begitu risiko terkena infeksi virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan dapat berkurang.

3. Konsumsi makanan hangat dan banyak mengandung air
Makanan hangat dapat meningkatkan imunitas dan memperbaiki selaput lendir yang melapisi dinding saluran pernapasan. Sebaliknya, makanan dan minuman dingin akan merangsang keluarnya lendir dan bisa mempengaruhi sistem pernapasan serta menurunkan imunitas. Jadi sebaiknya konsumsilah makanan hangat ya…

4. Hindari sentuh wajah
Cara menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan lainnya adalah dengan mengurangi frekuensi menyentuh wajah. Sebab, virus flu umumnya memasuki tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut. Ditambah, telapak tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling kotor.

Oleh karena itu, tahan keinginan untuk mengucek mata, menyeka keringat di dahi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan menyentuh wajah secara langsung. Gunakan tisu atau sapu tangan bersih jika memang diperlukan untuk melakukan kontak dengan wajah.

5. Hindari air kotor
Selokan mampet dan genangan-genangan kotor sering kita temui saat musim hujan. Tempat-tempat tersebut menjadi sumber penyakit-penyakit, seperti diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur pada kulit.

Maka menutup permukaan kulit merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang terbaik untuk melindungi diri dari penyakit-penyakit selama musim hujan sambil terus aktif beraktivitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)