5 Terapi untuk Penderita Kolesterol Tinggi yang Perlu Diketahui

Rabu, 31 Agustus 2022 - 13:42 WIB
loading...
A A A
Statin menghentikan zat yang dibutuhkan hati untuk membuat kolesterol. Proses ini menyebabkan hati menghilangkan kolesterol dari darah.

Pilihannya termasuk atorvastatin (Lipitor), fluvastatin (Lescol), lovastatin (Altoprev), pitavastatin (Livalo), pravastatin (Pravachol), rosuvastatin (Crestor), dan simvastatin (Zocor).

3. Asam Bempedoat

Obat ini bekerja dengan cara yang hampir sama seperti statin, namun memiliki efek samping berupa nyeri otot kecil. Menambahkan asam bempedoic (Nexletol) ke dosis statin maksimum dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) secara signifikan.

4. Resin Pengikat Asam Empedu

Liver menggunakan kolesterol untuk membuat asam empedu, zat yang dibutuhkan untuk pencernaan. Obat cholestyramine (Prevalite), colesevelam (Welchol) dan colestipol (Colestid) menurunkan kolesterol secara tidak langsung dengan mengikat asam empedu.

Proses tersebut mendorong hati untuk menggunakan kelebihan kolesterol untuk membuat lebih banyak asam empedu. Dengan begitu tingkat kolesterol dalam darah berkurang.

5. PCSK9 Inhibitors

Jenis obat-obatan ini bisa membantu hati menyerap lebih banyak kolesterol LDL, yang menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah. Alirocumab (Praluent) dan evolocumab (Repatha) dapat digunakan untuk orang yang memiliki kondisi genetik yang menyebabkan kadar LDL tinggi.

Obat tersebut juga dapat digunakan pada orang dengan riwayat penyakit koroner yang memiliki intoleransi terhadap statin atau obat kolesterol lainnya. Penggunaan obat-obat PCSK9 Inhibitor disuntikan ke tubuh setiap beberapa minggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)