Masih Banyak Masyarakat Anggap Vaksinasi Covid-19 Tidak Penting, Ini Saran Ahli Kesehatan

Minggu, 04 September 2022 - 13:00 WIB
loading...
Masih Banyak Masyarakat Anggap Vaksinasi Covid-19 Tidak Penting, Ini Saran Ahli Kesehatan
Guru Besar Mikrobiologi FKUI, Prof Amin Soebandrio mengatakan vaksin Covid-19 di Indonesia sebagai bagian dari langkah pencegahan penularan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guru Besar Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Amin Soebandrio mengatakan, vaksin Covid-19 di Indonesia sebagai langkah pencegahan penularan. Namun masih banyak masyarakat yang menilai hal itu tidak penting.

Padahal, menurutnya vaksinasi sudah sangat jelas dan terbukti memberikan perlindungan dalam menambah atau membangun sistem kekebalan tubuh (Antibodi) seseorang.

"Jadi kita sudah bahas bagaimana pentingnya vaksinasi untu membangun kekebalan kita untuk melawan virus covid19 ini," ujar Prof Amin dalam Talkshow 'Bebas Bepergian Asal Sudah Booster' di kanal YouTube BNPB Indonesia, Minggu (4/9/2022).

Dia menyarankan bahwa ada 3 sedia yang perlu diterapkan dalam melawan virus Covid-19. Langkah pertama harus sedia vaksinnya, kedua ketersediaan jumlah vaksin dan terakhir sedia masyarakatnya untuk menerima vaksin.

Baca Juga: Tantangan Mempercepat Vaksinasi Covid-19

Dia pun mengimbau agar masyarakat mau menerima vaksin yang sudah ada. Sebab manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga buat orang lain ataupun keluarga.

"Ketiga sedia atau ketersediaan masyarakat itu sendiri karena kita ketahui masih cukup masih banyak yang takut vaksin itu bukan hal yang penting. Bahkan ada yang mengganggap vaksin ini harus dihindari," jelasnya.

"Mohon untuk diterima bahwa vaksin ini hal yang bagus karena harus dilakukan vaksin melindungi diri kita dan melindungi orang yang kita cintai," imbuh Prof Amin.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3081 seconds (10.177#12.26)