Tamu Anda Gunakan Kamar Mandi saat Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?

Kamis, 02 Juli 2020 - 18:15 WIB
loading...
Tamu Anda Gunakan Kamar Mandi saat Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan?
Apa yang Anda lakukan jika tamu Anda ingin menggunakan kamar mandi di masa pelonggaran PSBB ini? Tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah dilonggarkan. Hal ini membuat orang-orang keluar rumah dan kembali beraktivitas. Sementara, risiko penularan virus corona masih ada. Jadi, penting untuk tetap berhati-hati terhadap semua faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi.

Salah satu faktor yang mungkin tidak Anda sangka saat pelonggaran PSBB ini adalah ketika Anda menerima tamu dan mereka ingin menggunakan kamar mandi Anda, apa yang harus dilakukan? Tentu Anda harus membiarkan orang lain menggunakan kamar kecil Anda dan berusaha melakukan tindakan pencegahan.

Meskipun risiko penularan penyakit dengan menelan patogen melalui partikel tinja (penularan faecal-oral) rendah, sebuah penelitian telah menemukan bahwa virus corona dapat hadir dalam kotoran hingga 33 hari kemudian, setelah seseorang melakukan tes negatif untuk penyakit tersebut.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu ketika ada tamu yang ingin menggunakan kamar kecil Anda. Seperti dilansir Times of India, ada lima hal yang harus Anda ingat sebelum membiarkan tamu Anda menggunakan kamar mandi Anda:

1. Menganalisis risiko COVID-19
Salah satu hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi kesehatan yang mendasari Anda dan anggota keluarga Anda. Sudah menjadi rahasia umum bahwa lanjut usia dan mereka yang menderita kondisi kesehatan kronis termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, asma, kondisi kardiovaskular, kanker dan penyakit ginjal kronis adalah risiko lebih besar terkena penyakit parah dari COVID-19.

Jika Anda atau anggota keluarga Anda termasuk dalam kategori berisiko tinggi untuk virus corona, sangat disarankan untuk menghindari segala bentuk paparan kepada orang yang tidak Anda karantina. (Baca juga: Bercinta Seminggu Sekali Bisa Membuat Hubungan Lebih Bahagia ).

2. Minta mereka untuk menggunakan kamar kecil yang tidak sering digunakan
Untuk meminimalkan jumlah waktu yang dihabiskan orang di dalam rumah Anda dan mengurangi daftar permukaan yang mungkin harus disentuh, biarkan tamu Anda menggunakan kamar kecil yang paling dekat dengan pintu masuk utama.

Jika Anda memiliki kamar mandi tamu cadangan, yang terbaik adalah membiarkan mereka menggunakan yang sama. Jika Anda tidak memiliki kamar kecil tamu terpisah, biarkan mereka menggunakan kamar kecil yang tidak digunakan keluarga Anda. Ini akan membantu dalam meminimalkan risiko infeksi karena toilet bersama.

3. Simpan semprotan desinfektan dan tisu di kamar mandi
Pastikan untuk menyiapkan kamar kecil sebelum orang luar perlu menggunakannya, dengan menyimpan barang-barang, seperti pembersih tangan, tisu desinfektan, dan semprotan desinfektan.

Beri tahu tamu Anda untuk membersihkan dudukan toilet sebelum dan sesudah menggunakan dan juga bersihkan permukaan sentuhan tinggi seperti gagang pintu, keran, wastafel, sakelar lampu dan lainnya dengan semprotan desinfektan atau tisu sebelum melangkah keluar dari kamar kecil.

4. Tutup toilet sebelum dibilas
Untuk mengurangi kemungkinan partikel virus mengambang, tamu harus selalu menutup tutup toilet sebelum dibilas. Penting juga untuk membersihkan dudukan toilet setelah Anda selesai untuk menghindari kontaminasi. (Baca juga: Tak Tahan Mau ke Salon saat Pandemi Covid-19, Ini Saran Dokter Reisa ).

5. Kenakan masker sebelum memasuki kamar kecil
Jika lebih dari satu orang perlu menggunakan toilet dalam waktu singkat, dorong mereka untuk memakai masker wajah untuk mengurangi risiko infeksi. Anda juga dapat menyalakan knalpot untuk memberikan ventilasi silang di kamar mandi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)