Batik Tulis Lasem Bakal Jadi Cenderamata Tourism Working Group di Bali, Ini Kata Sandiaga Uno

Senin, 19 September 2022 - 20:41 WIB
loading...
A A A
Kain batik tersebut menggunakan rayon. Di mana jenis kain ini hanya ada diproduksi di Indonesia, dan para pengrajin batik lebih nyaman membatik di atas kain tersebut.

Ia menjelaskan, serat rayon sendiri dihasilkan APR bersifat renewable, biodegradable atau mudah terurai. Selain itu, jenis kain tersebut juga mudah terlacak.

Selain itu, para pengrajin juga menggunakan pewarna alami. Terbuat dengan pencelupan warna alam ekstraksi tanaman indigofera.

Ketua Program Desain Mode Univ Maranatha Bandung, Yosepin Sri Ningsih menjelaskan, batik ini menggunakan corak bunga peoni. Hal itu karena adanya pengaruh bidaya peranakan, serta melambangkan harapan, kebahagiaan, kesehatan dan kehormatan.

"Batik tulis Lasem ini juga sudah langka ditemukan," katanya.

Kemudian terdapat juga aksen kupu-kupu, menggambarkan hubungan simbiosis mutualisme yang saling menyokong satu sama lain.

Sebagai bentuk simbolis, batik tulis Lasem ini pun diberikan kepada istri Sandiaga Uno, Nur Asia. Sebagai tanda, bahwa nantinya syal tersebut akan dikenakan oleh para istri menteri dan menteri perempuan.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)