7 Fakta Menarik di Balik Kehebatan Film Avatar

Minggu, 25 September 2022 - 17:17 WIB
loading...
7 Fakta Menarik di Balik Kehebatan Film Avatar
Avatar yang pertama kali dirilis tahun 2009, kembali diputar di bioskop Tanah Air pada Jumat (23/9/2022) lalu. Foto/20th Century Studios
A A A
JAKARTA - Avatar yang pertama kali dirilis tahun 2009, kembali diputar di bioskop Tanah Air pada Jumat (23/9/2022) lalu dengan kualitas film yang jauh lebih baik, yakni 4K High Dynamic Range yang tersedia dalam 3D dan 2D.

Avatar menjadi salah satu film bergenre aksi, sci-fi, dan fantasi yang berhasil memadukan manusia asli dengan animasi yang dibuat oleh teknologi CGI terbaik. Film ini pernah dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang sejarah, mengalahkan Titanic.

Bagaimana tidak, film 3D ini menawarkan pengalaman baru kepada penonton untuk merasakan bagaimana hidup di zaman teknologi tinggi serta hidup di wilayah asing bernama Pandora dengan segala karakteristik uniknya. Penonton dibuat kagum pada setiap scene-nya berkat keindahan, keajaiban, dan keunikan yang ada di dalam Pandora, baik flora, fauna, maupun kehidupan yang memiliki karakteristik masing-masing.

Baca Juga: Sutradara: Sekuel Avatar 100% Sudah Selesai

Seluruh bagian dalam film Avatar menggunakan teknologi Motion Capture tingkat tinggi. Hal tersebut terbukti dari setiap pergerakan karakter Na’vi yang terlihat sangat halus, rapi, dan tidak kaku.

Pemilihan dan penggunaan suara latar pun sesuai dengan konflik yang sedang terjadi, sehingga emosi penonton akan dimainkan mengikuti alur ceritanya. Tak hanya itu, terdapat pula berbagai fakta menarik di balik film Avatar. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Teknologi Computer Generated Imagery (CGI)

Avatar menggunakan lebih banyak teknologi CGI dibandingkan dengan live action. Tercatat, film ini terbuat dari 60% scene yang menggunakan foto realistis sebagai bahan dasar teknologi CGI dan 40% scene yang menampilkan aktor yang memainkan peran secara langsung. Meski menggunakan lebih banyak teknologi CGI, hasilnya sangat detail sehingga memuaskan mata penonton.

2. Membuat Bahasa Sendiri

Sang sutradara James Cameron terkenal dengan totalitasnya. Ia meminta bantuan Dr. Paul R. Frommer, seorang ahli bahasa, untuk menciptakan bahasa suku Na’vi. James juga meminta bahasa tersebut harus berbeda dengan bahasa suku mana pun yang sudah ada sebelumnya, namun tetap mudah diucapkan oleh para aktor.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1863 seconds (11.252#12.26)